Implementasi Quality Assurance dan Quality Control Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia di MTs El-Bayan Majenang Kabupaten Cilacap

MUCH SOLEHUDIN, NIM. 1617652007 (2018) Implementasi Quality Assurance dan Quality Control Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia di MTs El-Bayan Majenang Kabupaten Cilacap. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB 1_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUCH SOLEHUDIN_IMPLEMENTASI QUALITY ASSURANCE DAN QUALITY CONTROL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU SUMBER DAYA MANUSIA DI MTs EL-BAYAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Lembaga pendidikan yang berkualitas adalah lembaga pendidikan yang mampu mengedepankan mutu sumber daya manusia, mengelola sistem manajemen dengan baik serta mampu memberikan kepuasan layanan terhadap keingingan pelanggan. Seorang pemimpin yang memiliki potensi dibidangnya tentu dapat memahami mutu dalam lingkungan pendidikan. Pelaku dunia pendidikan menyadari keharusan mereka untuk meraih mutu tersebut dan menyampaikan pada anak didiknya. Itu artinya bahwa mutu adalah sama dengan kepuasan pelanggan. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sumber data terdiri dari pengawas madrasah, kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, dan kepala tata usaha di lingkungan Madrasah Tsanawiyah (MTs) El-Bayan Majenang, Cilacap. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Implementasi QA dan QC sebagai upaya peningkatkan mutu Sumber Daya Manusia di MTs El-Bayan Majenang Kabupaten Cilacap dilakukan oleh kepala madrasah melalui tiga tahap yang pertama, menentukan standar mutu sumber daya manusia yaitu: 1) beragama Islam 2) mampu membaca Al-Quran, 3) memiliki integritas tinggi, 4) memiliki kualifikasi pendidikan yang linier sesuai dengan keahlian dan memiliki kecakapan sosial sesuai yang dibutuhkan, minimal lulusan pendidikan S1, 5) bersedia menaati peraturan dan tata tertib yang berlaku di madrasah, 6) bersedia untuk tidak bekerja di lembaga lain., kedua, melakukan upaya-upaya dalam peningkatan mutu sumber daya manusia yaitu: 1) On The Job Training, seperti: a) Rotasi Jabatan, b) Pelatihan (Training), c) Pengelolaan kinerja guru, d) Pengembangan Karir, e) Peningkatan Kesejahteraan. 2) Off The Job Training, seperti: a) Pendidikan, b) Workshop, c) Seminar, d) MGMP, e) Study Banding., dan ketiga, mengevaluasi kinerja sumber daya manusia yaitu: 1) evaluasi kinerja melalui ruang kontrol dengan menggunakan CCTV, 2) evaluasi kinerja melalui presensi kehadiran yang di bantu alat finger print dan jurnal kelas guru, 3) evaluasi kinerja melalui sistem top down.Sementara dampak QA dan QC antara lain: 1) Mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan, 2) Memotivasi tim dalam bekerja lebih baik dengan kualitas yang tinggi, dan 3) Menghasilkan output yang berkualitas tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Quality Assurance, Quality Control, dan mutu Sumber Daya Manusia.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdr Prakerin 123
Date Deposited: 18 Jan 2019 03:09
Last Modified: 18 Jan 2019 03:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4910

Actions (login required)

View Item View Item