KompetensiProfesional Guru Di MI Al-FalahKarangtengahKecamatanKembaranKabupatenBanyumas

Jamingatun, Rofingah (2016) KompetensiProfesional Guru Di MI Al-FalahKarangtengahKecamatanKembaranKabupatenBanyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
JAMINGATUN ROFINGAH_KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI MI AL-FALAH KARANGTENGAH KECAMATAN KEMBARAN2.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru adalah komponen paling menentukan dalam proses pendidikan yang harus mendapat perhatian sentral dan utama. Guru sangat menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam proses belajar mengajar. Karena guru berhadapan langsung dengan peserta didik untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus juga nilai-nilai positif. Oleh karena itu upaya perbaikan apapun yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tidak akan memberikan sumbangan yang signifikan tanpa didukung oleh guru yang profesional. DalamPermendiknas No. 16 Tahun 2007 untuk kompetensi profesional meliputi Menguasai materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu, Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kompetensi Profesional Guru di MI Al-Falah Karangtengah Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui gambaran dan tingkat Kompetensi Profesional Guru di MI Al-Falah Karangtengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Sedangkan untuk penyajian dan menganalisis data penulis menggunakan presentase dan rata-rata hitung dengan cara berfikir deduktif dan induktif. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Profesional Guru di MI Al-Falah Karangtengah berdasarkan Permendiknas No. 16 Tahun 2007 dari 11 guru dikategorikan ada 10 guru atau 90,90% mempunyai kompetensi profesionaldengan kategori kompeten, 1 guru atau 9,09% mempunyaikompetensi profesional dengan kategori guru cukupkompeten.Dari rata-rata keseluruhan kompetens iprofesional guru di MI AL-Falah Karang tengah dengan rata-rata 3,37 dikategorikan masuk dalam kategori kompeten.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Guru, MI Al-Falah Karangtengah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Jul 2016 01:15
Last Modified: 21 Jul 2016 01:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item