STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK PEMBIAYAAN DI BPRS BUMI ARTHA SAMPANG KANTOR CABANG PURWOKERTO

Diani, Maesyaroh (2016) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK PEMBIAYAAN DI BPRS BUMI ARTHA SAMPANG KANTOR CABANG PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab IV_Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
Diani Maesyaroh_Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Pembiayaan Di Bprs B.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)

Abstract

Kegiatan perekonomian melibatkan suatu lembaga intermediasi atau lembaga perbankan.Pada saat ini lembaga perbankan terdiri dari dua jenis yaitu perbankan konvensional dan perbankan syariah. Pertumbuhan perbankan syariah memang tak segencar bank konvensional, padahal mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim. Oleh karena itu dibutuhkan suatu strategi pemasaran terhadap produk perbankan syariah khususnya produk pembiayaan dalam rangka meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian dengan mengadakan pengamatan tentang suatu fenomena dalam suatu keadaan alamiah.Sedangkan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis SWOT. Lokasi penelitian dilaksanakan di BPRS Bumi Artha Sampang (BAS) Kantor Cabang Purwokerto.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk pembiayaan di BPRS BAS terdiri dari tiga jenis yaitu piutang muraba>hah, pembiayaan mudha>rabah dan pembiayaan musyarakah.Murabahah merupakan produk unggulan karena mudah dalam mengaplikasikannya.Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk pembiayaan diantaranya dengan periklanan, menentukan segmen pasar, melakukan pelayanan prima, menjalin silaturahmi, diterapkannya simbol keagamaan berupa stiker “Adil, Amanah dan Transparan”, dan klausul diadakannya akad.Adapun hambatan dalam kegiatan pemasaran yaitu bersifat lokal, persaingan antar bank serta karakter nasabah yang kurang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran, Pembiayaan, Analisis SWOT
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 21 Jul 2016 01:03
Last Modified: 21 Jul 2016 01:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/488

Actions (login required)

View Item View Item