NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI SLAMETAN (Studi Deskriptif dalam Acara Rebowagean pada Masyarakat Islam Aboge di Desa Cikawung)

SOPYAN WAKHYU WIDAYAT, 1423301203 (2018) NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI SLAMETAN (Studi Deskriptif dalam Acara Rebowagean pada Masyarakat Islam Aboge di Desa Cikawung). Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
SOPYAN WAKHYU WIDAYAT_NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI SLAMETAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita yaitu fenomena munculnya aliran-aliran Islam Radikal yang mulai mempertanyakan apa kegunaan dan faidah dari Slametan, bahkan menyebabkan kebingungan dalam masyarakat awam, tentunya dapat dibaca sebagai pengetahuan bagi orang awam tentang Tradisi Slametan. Jika ditilik lebih jauh Tradisi Slametan terdapat Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung di dalamnya. Sehingga sebenarya Tradisi Slametan sangat sesuai berfaidah dalam mendidik masyarakat pada umumnya. Selin itu dengan Tradisi Slametan dapat langsung menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Islam pada masyarakat lebih efektif karena masih dilestarikan sampai saat ini. Acara Rebowagean sendiri merupakan salah satu Tradisi Slametan yang masih di lestarikan oleh masyarakat Islam Aboge Desa Cikawung. Acara ini masih lestari di tengah terpaan ajaran Islam Radikal yang mulai ingin menghilangkan tradisi ini. Karena tidak dapat di pungkiri bahwa Acara Rebowagean sendiri masih berpegang teguh pada tradisi nenek moyang yang ada tanpa menghilangkan Nilai-nilai Pendidikan Islam di dalamnya. Dalam perjalanan mengumpulkan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan secara sistematis mengenai fakta-fakta yang ditemukan dilapangan bersifat verbal, kalimat, fenomena-fenomena dan bukan berupa angka-angka dengancara mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Subjek penelitian ini tokoh Agama Desa Cikawung, Masyarakat Desa Cikawung dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam di dalamnya. Hasil dari penelitian ini adalah adanya nilai-nilai pendidikan Islam yang berkaitan, diantaranya adalah nilai Tauhid, nilai Akhlak, nilai Ibadah, dan nilai Kemasyarakatan. Nilai Aqidah (keimanan) terlihat dalam kegiatan Berdoa bersama, dan menjadi sarana bersyukur kepada Allah Swt. Nilai syariah (ibadah) dalam acara Rebowagean ibadah dibagi dua yaitu hablum minallah yang diantaranya Tahlilan, membaca Alqur’an dan berdoa. Sedangkan yang lainya adalah hablum minannas yang meliputi Membangun tarub,Menyiapkan tempat, Membuat hidangan, Membagikan berkat, Berinteraksi dan Silaturahmi. Nilai yang ketiga adalah nilai Akhlak diantaranya adab kepada orang yang lebih tua, adab menjamu tamu, adab terhadap teman, dan bekerja dengan ikhlas. Untuk nilai yang terahir adalah nilai ke masyarakatan yaitu diantaranya Penentuan tanggal, Gotong royong, Menyiapkan hidangan dan Ngundang-undang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Slametan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Nov 2018 03:26
Last Modified: 28 Nov 2018 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4783

Actions (login required)

View Item View Item