KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 ASMA DAUD NIM 1323301265

ASMA DAUD, 1323301265 (2018) KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 ASMA DAUD NIM 1323301265. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ASMA DAUD_KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Setiap guru mempunyai pribadi masing-masing sesuai ciri-ciri kepribadian yang mereka miliki. Ciri-ciri inilah yang membedakan seorang guru dari guru lainnya. Kepribadian sebenarnya adalah suatu masalah yang abstrak, hanya dapat dilihat melewati penampilan, tindakan, ucapan, cara berpakaian, dan dalam menghadapi setiap persoalan. Seorang guru yang berkompeten harus memiliki 4 kompetensi dasar yaitu Kompetensi Padagogik, Kompetensi kepribadian/Personal, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional.Dari 4 kompetensi tersebut yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah kompetensi kepribadian, yaitu sifat hakiki individu yang tercermin pada sikap dan prilaku. Sikap dan perbuatannya yang membedakan dirinya dari yang lain. Penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut dengan judul: “kompetensi kepribadian guru pendidikan agama islam di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto” Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang besifat diskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto sudah cukup baik dan sudahsesuai dengan peraturan menteri pendidikan nasional nomor 16 tahun 2007. Guru pendidikan agama islam di SD Terpadu Putra Harapan Purwokerto sudah memahami dan bertindak sesuaidengan indikator kompetensi kepribadian yaitu guru memiliki kemantapan dalam mendidik peserta didik dengan baik, stabil dalam menghadapi peserta didik, dapat menjadi teladan bagi peserta didik, tidak melanggar norma agama, hukum, sosial, dan meliki etos kerja yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi kepribadian, guru pendidikan agama islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Nov 2018 02:09
Last Modified: 28 Nov 2018 02:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4777

Actions (login required)

View Item View Item