IMPLEMENTASI METODE QIRA’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN QUR’AN DEWASA (LPQD) AL FALAH BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA

Eka Maesaroh, 1423301043 (2018) IMPLEMENTASI METODE QIRA’ATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI LEMBAGA PENDIDIKAN QUR’AN DEWASA (LPQD) AL FALAH BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
JUDUL, BAB 1, BAB 5, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
skripsi Full Eka Maesaroh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi bagaimana cara praktis dan cepat dalam membaca Al-Qur’an, penggunaan metode dalam pembelajaran Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting. metode dipilih sebagai jembatan dan media transformasi pelajaran terhadap tujuan yang ingin dicapai. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah ”Bagaimana Implementasi metode Qira’ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan Qur’an Dewasa (LPQD) Al falah Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara?”. Penelitian ini dilakukan untuk mendiskripsikan dan menganalisis bagaimana Implementasi metode Qira’ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di LPQD Al falah. Objek Penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Qira’ati di Lembaga Pendidikan Qur’an Dewasa (LPQD) Al Falah Bobosan Kecamatan Purwokerto Utara. dan penelitian yang peneliti lakukan adalah peneletian lapangan (filed research) bersifat Kualitatif-Deskriptif, sedangkan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data di analisis mulai dari reduksi data, penyajian data sampai dengan penarikan kesimpulan. Ada berbagai macam metode dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an . Metode pembelajaran Al-Qur’an yang digunakan di LPQD Al Falah adalah metode Qira’ati. Setelah dilakukan penelitian di LPQD Al Falah dapat disimpulkan, dalam Pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an menggunkaan metode Qira’ati di LPQD Al Falah dibagi menjadi dua kelas yakni kelas A dan kelas B, kelas A terdiri dari jilid 1-3 dan kelas B ada beberapa murid yang memulai dari jilid 2 sampai Al-Qur’an. pola mengajar di LPQD Al Falah sudah sesuai dengan panduan Qira’ati, yakni untuk jilid 1 dan 2 menggunakan sistem klasikal dan individu, sedangkan jilid 3 samapai Al-Qur’an menggunakan sistem klasikal baca simak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Qira’ati dan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 27 Nov 2018 07:19
Last Modified: 27 Nov 2018 07:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4769

Actions (login required)

View Item View Item