IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (STUDI KASUS KELAS IV MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018)

Anisa Utaminingtias, NIM. 1423305138 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK (STUDI KASUS KELAS IV MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANISA UTAMININGSIH_IPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Tematik adalah bagian dari Kurikulum 2013. Dimana pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran, sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik. Pada kurikulum 2013, pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik (pendekatan ilmiah). Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach). MI Ma’arif NU 1 Pageraji merupakan salah satu madrasah percontohan penerapan Kurikulum 2013, dimulai pada Januari 2014 sampai dengan sekarang ini. Dalam penerapan kurikulum 2013 tersebut, maka proses pembelajarannya menggunakan pendekan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik di kelas IV MI M’arif NU 1 Pageraji Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, sehingga metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan analisis kualitatif dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan verifikasi data. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa guru dalam menerapkan pendekatan saintifik pada proses pembelajaran tematik sudah sesuai dengan teori para ahli. Dimana dalam pembelajarannya dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Perencanaan dilakukan dengan membuat dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), menyiapkan media dan sumber pembelajaran. Kemudian pelaksanaan dilakukan melalui tahapan: Mengamati, Menanya, Mencoba, Menalar, dan Mengkomunikasikan serta mengacu pada kaidah-kaidah, prinsip-prinsip pembelajaran dengan pendekatan saintifik, dan teori belajar kognitif. Lalu proses penilaian menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes menggunakan tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik seperti mengerjakan soal latihan di buku siswa, membuat dan membaca puisi, serta tanya jawab pada saat proses pembelajaran. Sedangkan untuk penilaian non tes dilakukan guru dengan pengamatan sikap, keaktifan, dan kedisiplinan peserta didik di dalam kelas baik saat berkelompok maupun individu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik, MI Ma’arif NU 1 Pageraji
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 08 Jan 2019 00:03
Last Modified: 08 Jan 2019 00:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4768

Actions (login required)

View Item View Item