FatkhurRahman, 1423301270 (2018) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI DI SMP ISLAM ANDALUSIA BOARDING SCHOOL KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
JUDUL ,BAB 1, BAB 5, DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI FULL FATKHUR.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikanmemegangperanan yang amatpentinguntukmenjaminkelangsunganhidupnegaradanbangsa, karenapendidikanmerupakansaranauntukmeningkatkandanmengembangkankualitassumberdayamanusia.Penyelenggaraanpendidikanmerupakanupayanyatamelestariakandanmentransformasikannilai-nilaiakhlak, moral ataupunetika yang baikdalamsegalaaspekkehidupankepadagenerasipenerusbangsa.MenurutUndang-undangNomor14tahun2005tentangGuruDanDosenpasal1 ayat(1)dijelaskanbahwaGuru adalahpendidik yang professional dengantugasutamamendidikmngajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilaidanmengevaluasipesertadidikpadapendidikananakusiadinijalurpendidikan formal, pendidikandasardanpendidikanmenengah. Olehkarenaitukemampuandankecakapanmutlakharusdimilikiolehseorang guru agar tercapaitujuanpembelajaran. Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdengansubjekpenelitian (informan) 3 orang yang terdiridariKepalaSekolah, 2 orang Guru PAI dan 8 dari guru Madrasah Diniyah.Dan untukmengetahuiitupenelitiberasumsipadalimaindikatorkompetensiprofesional guru yang dibuatmenjadi 20 instrumenangket yang berdasarkandalamPeraturanMentriPendidikanNasionalNomor 16 tahun 2007. Metodepengumpulan data yang digunakanadalahwawancara, observasi, dokumentasidanangket.Analisis data yang digunakanadalah model Miles Hubermandenganteknikreduksi data, penyajiandata, analisis data danpenarikankesimpulan. Dalampenyajiandanmenganalisis data, penelitisajikandalambentukprosentasetabeldan rata-rata hitungdengancaradeduktifdaninduktif. HasilpenelitianmenunjukkanbahwaKompetensiProfesional Guru PAI di SMP Islam Andalusia Boarding School KebasenberdasarkanPermendiknasNomor 16 tahun 2007 dari 10 Guru PAI ada 6 atau 60% guru mempunyaiKompetensiProfesionaldengankategori guru yang kompeten, haliniselaraspenuturankepalasekolahbahwa, guru-guru PAI yang mengajar di SMP Islam inimerupakan guru yang mempunyaikemampuancakapsesuaibidangnya. sedangkan 4 atau 40% guru dikategorikan guru yang mempunyaiKompetensiProfesionaldengankategoricukupKompeten. Terbilangcukupbanyakkarenasebagianbesar guru PAI yang penulistelitiadalahlulusanpondokpesantren yang mempunayailatarbelakangakademisberbeda, merekamasihmempertahankanpembelajaransecaraklasik yang dilakukan guru-guru merekaturun -temurundariulamasalafi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KompetensiProfesional, Guru PAI, SMP Islam Andalusia |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 08:39 |
Last Modified: | 19 Nov 2018 08:39 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4762 |
Actions (login required)
View Item |