METODE PEMBELAJARAN MENGHAFAL JUZ’AMMA DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTONurkholis Kurniawan NIM. 1423301109

Kurniawan, 1423301109 (2018) METODE PEMBELAJARAN MENGHAFAL JUZ’AMMA DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHWALUH PURWOKERTONurkholis Kurniawan NIM. 1423301109. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
NURKHOLIS KURNIAWAN_METODE PEMBELAJARAN MENGHAFAL JUZ’AMMA DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM DUKUHW.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Metode merupakan salah satu faktor yang begitu penting untuk mencapai suatu keberhasilan dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Dalam proses pembelajaran menghafal Juz’amma seorang guru secara terprogram dalam desain intruksional untuk membuat siswa atau peserta didik belajar secara aktif yang menekankan pada penyediaan sumber belajar. Karena pada dasarnya pembelajaran adalah kegiatan terencana, yang mengondisikan seseorang bisa menghafal dengan baik. Jadi pada intinya metode pembelajaran menghafal juz’amma yaitusuatu jalan atau cara yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran guna untuk memudahkan kegiatan pembelajaran dalam menghafal juz’amma atau juz terakhir dalam Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto. Pondok Pesantren adalah suatu lembaga pendidikan agama Islam yang tumbuh serta diakui masyarakat sekitar, dengan sistem asrama dimana santri- santri menerima pendidikan agama melalui sistem pengajian atau madrasah yang sepenuhnya berada dibawah kedaulatan dari leader ship seorang atau beberapa orang Kiai dengan ciri-ciri khas yang bersifat karismatik serta independen dalam segala hal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dan bagaimana proses pembelajaran dan juga metode yang digunakan dalam menghafal Juz’amma di Pondok pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto. Jenis penelitian ini adalahpenelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data-data yang diperlukan, penulis menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah Pengumpulan data, reduksi data, display data, kesimpilan atau verifikasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa metode pembelajaran menghafal Juz’amma di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto dilaksanakan dan diterapkan berbagai metode pembelajaran menghafal. Adapun metode-metode pembelajaran menghafal yang digunakan di Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto adalah metode wahdah yaitu menghafal per ayat, metode khitabah atau menulis, metode Mendengarkan atau Sima’i, metode jama, metode mengulang dengan sesama santri dan metode setoran. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Menghafal Juz’amma

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Menghafal Juz’amma
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Nov 2018 02:33
Last Modified: 08 Nov 2018 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4726

Actions (login required)

View Item View Item