IMPLEMENTASI EVALUASI PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 01 KALIJARAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA

NITA FITRI ANI, 1423305206 (2018) IMPLEMENTASI EVALUASI PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 01 KALIJARAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
NITA FITIANI_IMPLEMENTASI EVALUASI PORTOFOLIO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MI MA'ARIF NU 01 KALIJARAN~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img]
Preview
Text
NITA FITRIANI_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Suatu proses pendidikan mengandung tiga unsur, yakni tujuan pengajaran (instruksional), pengalaman (proses) belajar-mengajar, dan hasil belajar. Hubungan ketiga unsur tersebut dapat dilihat dari kegiatan penilaian yang merupakan suatu tindakan atau kegiatan untuk melihat sejauh mana tujuan-tujuan instruksional telah dapat dicapai atau dikuasai oleh peserta didik dalam bentuk hasil-hasil belajar yang diperlihatkan setelah mereka menempuh pengalaman belajar (proses belajar-mengajar). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses pelaksanaan evaluasi portofolio pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI Ma’arif NU 01 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Ma’arif 01 Kalijaran Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wali kelas IV, dan siswa kelas IV. Objek penelitian adalah implementasi/penerapan evaluasi portofolio mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MI Ma’arif NU 01 Kalijaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa gambaran mengenai proses evaluasi portofolio mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Tahap perencanaan yang dilakukan oleh guru meliputi: menentukan tujuan portofolio, menentukan isi portofolio, mengembangkan kriteria penilaian, dan menyusun format penilaian. Tahap pelaksanaan yang meliputi pelaksanaan penilaian portofolio dan penilaian proses pelaksanaan penilaian portofolio. pada tahap hasil yakni mengolah dan menganalisis dta, memberikan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Portofolio, Bahasa Indonesia.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Nov 2018 02:01
Last Modified: 08 Nov 2018 02:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4725

Actions (login required)

View Item View Item