PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARASISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MA’ARIF NU AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

HENI RAKHMAWATI, 1423305195 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARASISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MA’ARIF NU AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text
HENI RAKHMAWATI_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Model pembelajaran yang digunakanpadamatapelajaranBahasa Indonesia di MI Ma’arif NU AjibarangKulonumumnyamasihmenggunakan model pembelajaran yang konvensionalsehinggasiswatidakbelajarsecaraaktif, akibatnyahasilbelajarsiswamenjadirendah.TerlebihlagiketikapembelajaranBahasa Indonesia padaketerampilanberbicara. Cara untukmengatasihaltersebutadalahpenggunaan model pembelajaran yang inovatif agar siswadapataktifdalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapatdigunakanyaitu model pembelajaranPaired Storytelling, model pembelajaran yang dapatdigunakanuntukmeningkatkanketerampilanberbicaradansiswadapataktifdalam proses pembelajaran. Permasalahan yang diambildaripenelitianiniadalahapakahpeningkatanbelajarsiswa yang menggunakan model pembelajaranpaired storytelling lebihbaikdaripadasiswa yang tidakmenggunakan model pembelajaranpaired storytelling?.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendeskripsikandanmenganalisispeningkatanketerampilanberbicarasiswa yang menggunakan model pembelajaranpaired storytellingdansiswa yang tidakmenggunakan model pembelajaranpaired storytelling kelas V A dan V B padamatapelajaranBahasa Indonesia di MI Ma’arif NU AjibarangKulon. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan(field research) denganmenggunakanmetodeeksperimen yang diterapkandalamControl GrupPres-test dan Post-test.Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas V A dan V B MI Ma’arif NU AjibarangKulondenganjumlah 35 siswa.Sampelpadapenelitianiniadalahsemuaanggotapopulasidipilihmenjadisampel.UntukmengetahuipeningkatanhasilnilaisiswadilakukananalisisN-Gain. Berdasarkanhasilpenelitian yang dilakukandiperolehkesimpulan1) keterampilanberbicarasiswa yang menggunakan model pembelajaranpaired storytelling lebihbaikdaripadasiswa yang tidakmenggunakan model pembelajaranpaired storytelling, dapatdilihatdariperolehanN-Gain kelaseksperimen 0.71 yang beradapadaklasifikasitinggidankelaskontrol 0,50 yang beradapadaklasifikasisedang. 2) Model pembelajaranpaired storytellinglebihefektifdalampembelajaranketerampilanberbicarasiswakelas. Hal tersebutdapatterlihatdarihasil rata-rata pre-test kelaseksperimen 13,82 dan rata-rata post-test 21,70 sedangkankelaskontrol rata-rata pre-test 13,53 dan rata-rata post-test 19,22, dapatdiketahuipeningkatan rata-rata darikelasekperimenlebihsignifikanantarapre-test danpost-test dibandingkankelaskontrol

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model PembelajaranPaired Storytelling KeterampilanBerbicara
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Nov 2018 01:08
Last Modified: 08 Nov 2018 01:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4721

Actions (login required)

View Item View Item