PENGEMBANGAN KECERDASAN JAMAK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD NEGERI 1 BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS Idaur Rohmah 1423305239

Idaur Rohmah, 142330523 (2018) PENGEMBANGAN KECERDASAN JAMAK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD NEGERI 1 BOBOSAN KECAMATAN PURWOKERTO UTARA KABUPATEN BANYUMAS Idaur Rohmah 1423305239. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
IDAUR ROHMAH_PENGEMBANGAN KECERDASAN JAMAK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD NEGERI 1 BO.PDF
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Howard Gardner dalam bukunya Multiple inteligences menyatakan bahwa tidak ada anak bodoh. Semua anak itu cerdas dengan kecenderungan yang berbeda satu sama lain. Kemudian Gardner mengungkapkan kecerdasan manusia bejumlah banyak, antara lain: kecerdasan linguistik, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan matematik-logik, kecerdasan musikal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan natural. Karena perbedaan kecenderungan kecerdasan ini ada di antara para siswa, untuk itu pengembangan kecerdasan jamak dalam pembelajaran akan membuat guru menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menetapkan strategi dan metode yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pengembangan kecerdasan jamak dalam pembelajaran tematik kelas III di SD Negeri 1 Bobosan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi dilapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi (conclusing drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan proses pengembagan kecerdasan jamak dalam pembelajaran tematik kelas III di SD Negeri 1 Bobosan, yaitu diawali dengan guru menentukan gaya mengajar, menentukan strategi dan metode yang akan digunakan kemudian dituangkan dalam RPP. Di SD Negeri 1 Bobosan pengembangan kecerdasan jamak dalam pembelajaran tematik dilakukan dengan bervariasi. Guru menggunakan apersepsi, strategi dan metode yang bervariasi. Beberapa strategi yang digunakan strategi visualisasi, jendela belajar, kooperatif, dan sebagainya. Sehingga dalam penyampaian materi siswa langsung menjadi subjek, baik melalui demonstrasi, simulasi, permainan, dan praktek. Hal ini akan menjadikan pembelajaran yang memiliki arti lebih, bermakna, dan mnyenangkan bagi siswa sehingga berbagai kecerdasan siswa dapat dikembangkan melalui pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kecerdasan Jamak, Pembelajaran Tematik, Kelas III SD Negeri 1 Bobosan.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Nov 2018 01:02
Last Modified: 08 Nov 2018 01:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4720

Actions (login required)

View Item View Item