PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IIIA DI MI AT-TAUHID PAGERALANG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Riqma, 1423305078 (2018) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IIIA DI MI AT-TAUHID PAGERALANG KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
RIQMA_PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB)

Abstract

Pendekatan merupakan titik tolak atau sudut pandang guru terhadap proses pembelajaran yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang bersifat masih umum, di dalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu dengan segala teorinya. Dalam pembelajaran permasalahan yang muncul adalah bagaimana agar tujua pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan sesuai harpan. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan yang tepat untuk diterapkan di dalam suatu pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Objek dalam penelitian ini adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA kelas IIIA di MI At-Tauhid Pageralang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL benar-benar dilakukan oleh guru untuk empat materi yaitu Gerak Benda, Sumber Energi dan Kegunaannya, Sumber Daya Alam dan Keadaan Awan dan Cuaca. Pembelajaran dilakukan sesuai dengan komponen-komponen yang meliputi konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, permodelan, refleksi dan penilaian autentik. Setelah dianalisis secara keseluruhan, penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA kelas IIIA di MI At-Tauhid Pageralang kecamatan Kemranjen kabupaten Banyumas dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Contextual Teaching and Learning, Pembelajaran IPA dan siswa kelas IIIA.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Nov 2018 07:08
Last Modified: 06 Nov 2018 07:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4700

Actions (login required)

View Item View Item