PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II DI MI MA’ARIF NU BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Oleh: Siti Mutoharoh NIM. 1423305171

Siti Mutoharoh, 1423305171 (2018) PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II DI MI MA’ARIF NU BANTERAN KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Oleh: Siti Mutoharoh NIM. 1423305171. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (661kB) | Preview
[img] Text
SITI MUTOHAROH_PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PEMBELAJ.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Media bendakonkretadalah media yang dapatdigunakandalam proses pembelajaran yang dapatdilihat, diraba, dan digunakansecaralangsungolehpesertadidik. Dengan penggunaan media benda konkret yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran dan materi dalam pembelajaran akan tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh guru. Penggunaan media benda konkret sangat penting dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan semangat peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di MI Ma’arif NU Banteran Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru kelas II, dan peserta didik khusus nya kelas II MI Ma’arif NU Banteran. Sedangkan objek penelitian ini yakni penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah. Sumber data dalam penelitian yang dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran matematika di MI Ma’arif NU Banteran. Sehingga guru dapat menggunakan media pembelajaran yang tepat dan dapat membangkitkan semangat belajar peserta didik khususnya dalam pembelajaran matematika. Hasil dari penelitian penggunaan media benda konkret dalam pembelajaran matematika di MI Ma’arif NU Banteran adalah: 1) dalam proses pembelajaran dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) media benda konkret yang digunakan dalam pembelajaran matematika adalah bintang kecil/manik-manik, plastik, gelas plastik, botol air mineral, gula pasir sebanyak 1 kg, berbagai macam plastik dengan ukuran 1 0ns, ¼ kg, ½ kg, dan 1 kg. 3) guru melakukan evaluasi dari penggunaan media benda konkret untuk mengetahui keefektivan media dalam pembelajaran matematika untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kata Kunci : Media Benda Konkret, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Benda Konkret, Pembelajaran Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Nov 2018 06:26
Last Modified: 06 Nov 2018 06:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4699

Actions (login required)

View Item View Item