Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Smp It Harapan Bunda Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Dzurrotul Ma’wa NIM. 1323308001

Dzurrotul Ma’wa, 1323308001 (2018) Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Smp It Harapan Bunda Kecamatan Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas Dzurrotul Ma’wa NIM. 1323308001. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (988kB) | Preview
[img] Text
DZURROTUL MA’WA_STRATEGI PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan kitab sempurna yang menjadi pedoman bagi umat manusia, sehingga menjadi kewajiban umat islam untuk menjaganya, menghafal kalamullah yang jumlahnya begitu banyak menurut akal sangat sulit untuk menjalaninya. Apalagi seorang pelajar yang merangkap sebgai santri. Maka dari itu SMP IT Harapan Bunda Purwokero Selatan banyumas membuat strategi untuk memudahkan menghafal Al-Qur’an bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untukmendeskripsikan strategitahfidzul Qur’an bagi siswa diSMP IT Harapan Bunda Purwokerto Selatan Banyumas, 2) untuk mendeskripsikan strategi menjaga hafalan dalam menghafal Al-Qur’an siswa di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto Selatan Banyumas, 3) untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran tahfidzul Al-Qur’an di SMP IT Harapan Bunda Purwokerto Selatan Banyumas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisis data berupa kalimat atau kata. Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat setudy kasus karena peneliti melihat langsung masalah yang terdapat dalam lokasi dan memperhatikan keadaan yang di teliti. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, data dianalisis dengan mengumpulkan data mereduksi data, penyajian data dan penyajian kesimpulan. Hasil peneliti menunjukan bahwa: (1) strategi untuk proses pembelajaran tahfidz pada sekolah dan di asrama yang strategi itu satu sama lain saling berkaitan saling melengkapi dan berkesinambungan. Adapun strategi yang digunakan adalah strategi Tahfidz, Takrir, Juz’i, Sima’i dan Wandah (2) strategi yang digunakan untuk menjaga hafalan antara lain Takrir, Juz’i dan Sima’i. Ketiga strategi tersebut menitikberatkan pada proses pengulangan dalam menghafal baik secara sistematis maupun secara acak. Kemudian bagi siswa yang memiliki kesulitan dalam menghafal maka menggunakan strategi wandah.(3) Adapun yang menjadi faktor pendukung adalah faktor kesehatan, faktor psikologis, faktor kecerdasan, dan faktor motivasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Tahfidz, Al-Qur’an
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Nov 2018 03:18
Last Modified: 06 Nov 2018 03:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4696

Actions (login required)

View Item View Item