Farah AlfianGhofarRahmat, 1323310015 (2018) PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MIN 3 KEMBARAN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa MIN 3 Banyumas.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Pendidikannasionaltidakhanyabertujuanuntukmenjadikanseorangpesertadidikcerdassecaraintelektual, namunpendidikannasionalinijugabertujuanuntukmenjadikansiswacerdassecaraintelektualitas, cerdassecarasosialdanberkarakter.Karakter yang kaitannyadenganpendidikanmemanghampirsamapengertiannyadenganakhlak, bedanyaadalahkarakter yang adadalampendidikaninidiaturdalamUndang-Undang yang terdiridari 1) religius; 2) bertanggungjawab; 3) disiplin; 4) kerjakeras; 5) berjiwakritis; 6) berjiwawirausaha; 7) berfikirlogis, kritis, inovatif; 8) mandiri; 9) mempunyai rasa ingintahu; 10) cintailmu; 11) cintatanah air; 12) kreatif; 13) toleransi; 14) demokratis; 15) komunikatif; 16) gemarmembaca; 17) pedulisosialdan 18) pedulilingkungan. Dengandemikiansekolahatau madrasah sebagailembagapendidikanmempunyaitugastidakhanyamencerdaskannamunjugamembentukkarakterdalamdiripesertadidiknya. Dengan status sebagaisekolahunggulan yang berada di daerahkembaran MIN 3 Kembaran Banyumassebagailembagapenyediajasapendidikanjugadituntuttidakhanyamencerdaskanpesertadidiknya, merekajugadituntutuntukmembentukkarakterdalamdiripesertadidiknya.Hal inimenuntutadanyakreativitasdaripihak madrasah tersebutuntukmembuatsatukebijakanatauinovasiuntukmenjawabtuntutanmencetakpesertadidik yang cerdassecaraintelektualitassekaliguspesertadidik yang berkarakter.Pihak yang bertanggungjawabdalampembentukankarakterpesertadidiknyadiembanolehpara guru di MIN 3 Kembaran Banyumas, halinikarenamerekalah yang berinteraksilangsungdenganpesertadidiknya.Dengandemikian guru dituntutuntukmempunyaikemampuanlebihyaitubagaimanaiamembelajarkansiswanyasekaligusmembentukkarakterparapesertadidiknya. Berangkatdaripenjelasantersebut, maka guru mempunyaiperan yang vital dalampendidikankarakterini. Dalampenelitian yang dilaksanakan di MIN 3 Kembaran Banyumas, penelitimendapatkanjawabanbahwaperan guru dalampembentukankarakterpesertadidiknyaadalahsebagaipendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, penilaidan evaluator.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru, Peran Guru, PendidikanKarakterdanPeran Guru dalamPembentukanKaraterSiswa |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 06 Nov 2018 02:12 |
Last Modified: | 06 Nov 2018 02:12 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4694 |
Actions (login required)
View Item |