PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI ISLAMIYAH KROYA KABUPATEN CILACAP WAHYU NUR HIDAYATI 1323305124

WAHYU NUR HIDAYATI, 1323305124 (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI ISLAMIYAH KROYA KABUPATEN CILACAP WAHYU NUR HIDAYATI 1323305124. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
WAHYU NUR HIDAYATI_PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V DI MI ISLAMIYAH K.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendidikan IPA sejak dini sangat penting karena akan menghasilkan generasi yang dapat menghadapi tantangan hidup dan mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari, pembelajaran usia dini yang baik adalah ketika siswa mendapatkan pengalaman langsung baik melihat, mendengarkan, maupun menyentuh objek pembelajaran melalui media pembelajaran dan lingkungan sekitar, pembelajaran IPA yang baik semestinya menggunakan pendekatan ilmiah atau saintifik yang melibatkan adanya sikap ilmiah dan ketrampilan proses. Seperti di MI Islamiyah Kroya terakreditasi A, sekolahan tersebut telah menerapkan pendekatan ilmiah atau saintifik pada pembelajaran IPA sehingga antusiasisme siswa bertambah. Terkait masalah diatas, penulis hendak mendiskripsikan penerapan pendekatan saintifikpada pembelajaran IPA kelas V di MI Islamiyah Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang bagaimana penerapan pendekatan saintifik di MI Islamiyah Kroya khususnya kelas V, serta aspek-aspek pendekatan saintifikyang diterapkan pada pembelajaran IPA Kelas V di MI Islamiyah Kroya Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah pendekatan saintifikpada pembelajaran IPA Kelas V di MI Islamiyah Kroya Kabupaten Cilacap. sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan meliputi tiga tahap kegiatan yakni reduksi/data reduction, tahap penyajian data/data display, dan tahap penarikan kesimpulan/conclusing drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan pendekatan saintifikpada pembelajaran IPAKelas V di MI Islamiyah Kroya sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Kesesuain tersebut dapat dilihat dari implementasi 5 komponen saintifikdalam pembelajaran dikelas V yakni meliputi aspek mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Namun bahwasanya keberhasilan proses transfer knowledge juga diperkuat dengan peran serta guru dalam menggunakan strategi belajarsertapengelolaankelasdanmenumbuhkanmotivasibelajar, salah satunya dengan mengatur formasi tempat duduk siswa dan APE yang digunakan. Kata kunci : Pendekatan Saintifik, Pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pendekatan Saintifik, Pembelajaran IPA.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 06 Nov 2018 01:57
Last Modified: 06 Nov 2018 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4693

Actions (login required)

View Item View Item