METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HANIATUL MARYAM, 1423305105 (2018) METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS V DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
HANIFATUL MARYAM_COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
HANIFATUL MARYAM_METODE PEMBELAJARAN BAHASA INGRIS KELAS V DI MI DIPONEGORO 03 KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN ~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)

Abstract

Metode mengajar memegang peranan penting dalam mencapai tujuan keberhasilan pembelajaran. Metode menjadi sarana dalam menyampaikan materi pelajaran yang tersusun dalam kurikulum. Seorang guru akan berhasil dalam tugas mengajar, bila dengan menerapkan metode yang tepat serta mampu memotivasi dan membangkitkan semangat belajar siswa-siswanya. Dengan menggunakan metode, suatu mata pelajaran akan terproses secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan metode apa saja yang diterapkan dan bagaimana penerapannya pada pembelajaran bahasa Inggris kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Diponegoro 03 Karangklesem. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch), karena didalam penelitian ini peneliti terjun langsung ke lapangan (lokasi). Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu dengan menggunakan teknik deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang perilakunya diamati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, metode yang digunakan guru bahasa Inggris kelas V di MI Diponegoro 03 Karangklesem adalah metode ceramah, metode latihan/drill, metode tanya jawab, metode diskusi, metode terjemah, metode TPR. Kedua, metode ceramah digunakan untuk membuka pembelajaran dan menjelaskan materi di depan kelas secara lisan. Metode latihan/drill digunakan untuk melatih keterampilan siswa, seperti membaca, menghafal kosakata, dan latihan soal-soal. Metode tanya jawab digunakan untuk mengetahui sampai mana siswa memahami materi yang telah disampaikan. Metode diskusi dilakukan dengan cara membagi beberapa kelompok dan menugaskan siswa untuk menyelesaikan permasalahan. Metode terjemah digunakan oleh guru untuk membantu siswa dalam memahami materi dan menambah perbendaharaan kosakata yang dimiliki siswa. Dan metode TPR diterapkan dengan melibatkan aktivitas psikomotorik siswa, sehingga siswa dapat mengingat materi pembelajaran dengan mudah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran, bahasa Inggris kelas V MI Diponegoro 03 Karangklesem.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Nov 2018 01:03
Last Modified: 05 Nov 2018 01:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4685

Actions (login required)

View Item View Item