PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA

Windiya Utami (NIM. 1423305266), Windiya Utami (NIM. 1423305266) (2018) PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text
WINDIYA UTAMI_PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI MI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)

Abstract

Howard Gardner mendefinisikan kecerdasan yaitu kemampuan untuk menyelesaikan masalah, dan kemampuan untuk menciptakan produk yang berharga dalam satu atau beberapa lingkungan budaya dan masyarakat. Salah satu kecerdasan yang dimiliki seseorang adalah kecerdasan interpersonal. Sekolah sebagai instansi yang selama ini dipercaya untuk mendidik tentunya harus berperan dalam pengembangan kecerdasan interpersonal anak. Kegiatan di sekolah hendaknya dirancang dengan sebaik mungkin sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan pada diri peserta didik. Salah satu kegiatan yang sangat menunjang pengembangan kecerdasan interpersonal di sekolah adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kuallitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Subjek penelitian adalah Koordinator, pelatih/pendamping dari ekstrakurikuler pramuka, voli dan hadroh, siswa atau peserta kegiatan ekstrakurikuler seni musik dan Kepala MI Darul Hikmah Bantarsoka. Objek penelitian adalah pengembangan kecerdasan interpersonal siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis kualitatif.Tujuan dari penulis adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan ekstrakurikuler di MI Darul Hikmah Bantarsoka. Hasil penelitian menunjukan bahwa MI Darul Hikmah Bantarsoka merupakan salah satu madrasah yang melaksanakan pengembangan kecerdasan interpersonal siswa melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Ada berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di MI Darul Hikmah Bantarsoka seperti pramuka, voli, hadroh, seni musik, seni baca Al-Qur’an, tenis meja, karate kids. Kegiatan-kegiatanmulai dari proses pendaftaran dengan terlebih dahulu dilakukan sosialisasi oleh guru, kemudian pendaftaran kegiatan ekstrakurikuler dengan menggunakan angket yang nantinya diserahkan kepada guru. Proses pelaksanaan kegiatan sampai evaluasi yang dilakukan dalam ekstrakurikuler tersebut sangat berperan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Interpersonal, Ekstrakurikuler.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 05 Nov 2018 00:48
Last Modified: 05 Nov 2018 00:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4683

Actions (login required)

View Item View Item