Konsep Belajar Menurut Syaikh Az Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Muta’ali

Saifudin Mustofa, 1123308021 (2018) Konsep Belajar Menurut Syaikh Az Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Muta’ali. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SAIFUDIN MUSTOFA_KONSEP BELAJAR MENURUT SYAIKH AZ ZARNUJI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang ini dilandasi oleh adanya kegelisahan tentang bagaimana para pencari ilmu sudah giat belajar tetapi tidak bisa mendapatkan manfaat dan buahnya ilmu, khususnya terkait dengan karakter yang dihasilkan oleh peserta didik dalam mencari ilmu. Menyadari tentang pentingnya mencari ilmu yang bermanfaat dan didasari tentang wajibnya mencari ilmu bagi umat islam, maka peneliti berusaha untuk meneliti sebuah konsep bagi peserta didik menurut Syaikh Az Zarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’alim, dengan harapan dapat dijadikan konsep bagi peserta didik untuk mendapatkan manfaat dan buahnya ilmu sebagai bekal di masa kini dan di masa depan yang hakiki. Penelitian ini mengacu pada bahan-bahan tertulis yang berkaitan dengan Konsep Belajar bagi Peserta Dididk menurut Syaikh Az Zarnuji (kajian Kitab Ta’limul Muta’alim). Penelitian ini termasuk kajian kepustakaan (library research) yang merupakan penelitian dengan menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah Kitab Ta’limul Muta’alim, sedang sumber data sekundernya adalah buku, artikel, atau tulisan yang berhubungan dengan konsep belajar. Pendekatan yang diguanakan adalah Pendekatan historis dengan analisis kualitatif kemudian diolah kembali dengan deskriptif analisis, sedangkan dalam cara pengambilan kesimpulan dengan menggunakan metode induksi dan deduksi. Hasil penelitan menujukan bahwa: 1) Syaikh Az Zarnuji adalah seorang Ulama ahli fiqih yang bermadzhab Hanafi, sekaligus menekuni bidang pendidikan, dan beliau juga dikenal sebagai filusuf Arab. 2). Konsep belajar dalam kitab Ta’limul Muta’alim meliputi dua metode: a). Metode yang bersifat etik mencakup niat dalam belajar, keutamaan ilmu, tujuan mencari ilmu, hormat terhadap ilmu, disiplin dalam ilmu, permulaan belajar, tawakal dalam menuntut ilmu, nasehat dan berprilaku santun, wara,’ pendidikan pada hafalan, dan menjaga kesehatan. b). Metode bersifat teknik strategi meliputi cara memilih pelajaran, memilih guru, memilih teman, kuantitas pelajaran, kualitas pelajaran, membuat catatan, memahami pelajaran, diskusi ilmiah, pendalaman ilmu, dan pembiayaan ilmu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar , Syaikh Az Zarnuji dan Kitab Ta’lim Muta’alim
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 01 Nov 2018 02:26
Last Modified: 01 Nov 2018 02:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4679

Actions (login required)

View Item View Item