PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR FIQIH DI MA MINAT KESUGIHAN CILACAP

ULFATUN MUKAROMAH, NIM. 1223301164 (2016) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR FIQIH DI MA MINAT KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ULFATUN MUKAROMAH_PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR FIQIH DI MA MINAT KESUGIHAN CILACAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Fiqih merupakan ilmu yang mengatur hubungan manusia dengan Hambanya. Kurang atau salahnya pemahaman terhadap ilmu ini akan memberikan dampak negatif yang besar. Fenomena terorisme atas nama jihad, kekeliruan dalam melakukan shalat, hingga perdebatan antar sesama orang Islam terhadapperbedaan amalan dalam shalat sering dijumpai. Untuk menanggulangi hal ini, pendidikan harus menyeimbangkan antara kemampuan kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa. Oleh karena itu, seorang guru hendaknya memberikan pengalaman belajar yang lebih kompleks melalui berbagai sumber yang ada. Sumber belajar merupakan sesuatu baik yang berupa data, orang, dan wujud tertentu yang dapat digunakan oleh siswa sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajarnya. Sumber belajar dapat diklasifikasikan menjadi enam macam, yaitu messaage (pesan), people (orang), materials (bahan), device (alat), technique (teknik), dan setting (lingkungan). Penelitianinimerupakanpenelitian yang bersifatdeskriptif-kualitatif.Penulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang pengembangan sumber belajar Fiqih di MA Minat Kesugihan Cilacap. Penelitian ini berlokasi di MA Minat Kesugihan Cilacap.Subjek penelitian adalah Guru Mata pelajaran Fiqih, Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Kepala Perpustakaan, dan siswa.Objek penelitian adalah pengembangan sumber belajar fiqih di MA Minat Kesugihan Cilacap. Metodepengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi.Metodeanalisisyang digunakanadalahmetodeanalisis data kualitatif. Hasilpenelitianmenunjukan bahwa pengembangan sumber belajar di MA Minat Kesugihan Cilacapdilakukan dengan 6 langkah: menentukan masalah berdasarkan analisis kebutuhan siswa, penentuan syarat dan alternatif pemecahan masalah, memilih cara yang terbaik, pelaksanan, penialain terhadap tingkat efektivitas, dan perbaikan. Selain itu, prinsip pengembangan sumber belajar yang mencakup dasar, tujuan, dan komponen pengembangan sudah terpenuhi, walaupun pengelolaan sumber belajar fiqih belum dilakukan secara intensif. Kata kunci : Sumber Belajar, dan fiqih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 19 Jul 2016 00:59
Last Modified: 19 Jul 2016 00:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/464

Actions (login required)

View Item View Item