PENERAPAN DENDA KETERLAMBATAN TERHADAP NASABAH BERMASALAH PADA WARUNG MIKRO DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PURWOKERTO

Monica Rahayu, NIM. 1522203029 (2018) PENERAPAN DENDA KETERLAMBATAN TERHADAP NASABAH BERMASALAH PADA WARUNG MIKRO DI BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PURWOKERTO. Diploma thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MONICA RAHAYU_PENERAPAN DENDA KETERLAMBATAN TERHADAP NASABAH BERMASALAH PADA WARUNG MIKRO DI BANK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pada Bank Syariah Mandiri KC Purwokerto dalam penerapan denda sangat mengedepankan itikad baik nasabah jika nasabah tidak mampu membayar kewajibannya karena memang benar-benar tidak mampu misalkan karena terkena bencana alam atau hal lain yang buruk yang tidak diinginkan, Bank Syariah Mandiri tidak akan mengenakan denda tersebut kepada nasabah yang telat dalam membayar, dan Bank Syariah Mandiri akan memberikan keringanan ataupun saran untuk nasabah agar nasabah dapat membayar kewajibannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem penerapan denda keterlambatan terhadap nasabah bermasalah pada Warung Mikro di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Purwokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, interview, dan dokumentasi Dalam penelitian ini analisa data menggunakan deskriptif analisis. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan data-data tentang penerapan denda keterlambatan terhadap nasabah bermasalah pada warung mikro pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Purwokerto. Dalam penerapan denda keterlambatan Bank Syariah Mandiri KC Purwokerto sangat mengedepankan asas tolong menolong dan itikad baik, Bank Syariah Mandiri KC Purwokerto bisa saja menghapus denda keterlambatan nasabah apabila alasan nasabah telat membayar memang bukan karena disengaja seperti terkena penipuan atau terkena bencana alam. Namun jika nasabah sengaja tidak membayar padahal nasabah tersebut mampu membayar dan sengaja menunda-nunda pembayaran makan Bank Syariah Mandiri KC Purwokerto akan langsung menerapkan denda tersebut kepada nasabah tersebut. Dalam penerapan denda, Bank Syariah Mandiri KC Purwokerto bukan dimaksudkan untuk mendapat keuntungan, namun semata-mata agar nasabah dapat disiplin dalam memenuhi tanggung jawabnya untuk membayar hutang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Denda Keterlambatan, Warung Mikro, Pembiayaan Bermasalah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 26 Dec 2018 02:34
Last Modified: 26 Dec 2018 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4611

Actions (login required)

View Item View Item