MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Pasar Segamas Purbalingga)

Hendrianto, NIM. 102323030 (2018) MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Pasar Segamas Purbalingga). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HENDRIANTO _MANAJEMEN STRATEGI PENGELOLAAN PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG PERSPEKTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelola pasar untuk konteks ini perlu dibantu dalam meningkatkan kapasitas dan pemberdayaan pasar, memanfaatkan potensi yang dimilikinya secara mandiri dan terakomodasi dalam pertumbuhan pasar, sesuai dengan ketentuan dan tuntutan perkembangan zaman. Pasar induk tradisional Segamas adalah salah satu penggerak utama perekonomian masyarakat Purbalingga. Pengelolaan Pasar Segamas menuju pada pengembangan pasar yang lebih modern diharapkan pula ke depannya dapat meningkatkan pendapatan para pedagang, dengan menambah variasi komoditi meningkatkan kualitas Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, pengamatan (observasi) dan kepustakaan yang merupakan rujukan untuk menganalisis hasil penelitian. Sifat penelitian adalah deskriptif analisis. Penyusun menggambarkan tentang proses manajemen strategi pengelolaan pasar Segamas dalam meningkatkan pendapatan pedagang dan analisis perspektif ekonomi Islam terhadap manajemen strategi pengelolaan Pasar Segamas dalam meningkatkan pendapatan pedagang. Berdasarkan hasil penelitian terkait dengan manajemen strategi pengelolaan pasar Segamas, dengan melakukan analisis SWOT, maka dapat penulis simpulkan sebagai berikut: Strategi SO, strategi ini untuk memperbarui manajemen Pasar Segamas Kabupaten Purbalingga yang telah diterapkan dengan tujuan untuk memaksimalkan kegiatan antar pegawai atau pegawai dengan pedagang. Strategi ST, promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut atau melalui pamflet untuk mempromosikan kios, semi kios, los, dan senggol. Strategi WO, strategi yang digunakan adalah kerjasama Pasar Segamas Kabupaten Purbalingga pedagang dan koperasi koperasi baik dari segi modal maupun input dan pemasaran produk. Strategi WT, penyuluhan yang diberikan seperti perlunya pengetahuan tentang menjaga kebersihan saat transaksi berlansung, penataan produk yang menarik minat konsumen.. Sementara itu, dalam bisnis Islam, manajemen berperan sebagai elemen-elemen dasar yang selalu ada dan melekat pada proses bisnis yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Strategi Pengelolaan, Ekonomi Islam, Pasar segamas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 03 Dec 2018 00:28
Last Modified: 03 Dec 2018 00:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4581

Actions (login required)

View Item View Item