EFEKTIVITAS PERAN PASAR TRADISIONAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF MOTIVASI (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Rempoah II)

Anisa Nur Mailinda, NIM. 1423203090 (2018) EFEKTIVITAS PERAN PASAR TRADISIONAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF MOTIVASI (Studi Kasus Pada Pedagang Pasar Rempoah II). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANISA NUR MAILINDA_EFEKTIVITAS PERAN PASAR TRADISIONAL DITINJAU DARI PERSPEKTIF MOTIVASI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar. Perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih memilih bertransaksi di pasar modern menyebabkan peran pasar tradisional dalam kehidupan masyarakat mulai terpinggirkan. Daya beli yang rendah membuat sebagian pedagang Pasar Rempoah II hanya beroperasi pada hari minggu saja, yang ramai pengunjung. Oleh karena itu, perlu ditelusuri hal apa yang mendorong atau memotivasi pedagang dalam beroperasi dan bekerja selama ini. Karena, motivasi sangatlah penting. Dengan motivasi ini diharapkan setiap individu karyawan mau bekerja keras dan antusias untuk mencapai produktivitas yang tinggi. Selain itu, motivasi juga bertujuan untuk mengefektifkan pengadaan karyawan dalam suatu organisasi/lembaga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Melalui pendekatan metode deskriptif-kualitatif, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana efektivitas peran pasar tradisional ditinjau dari perspektif motivasi pada pedagang Pasar Rempoah II. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peran pasar tradisional pada pedagang Pasar Rempoah II sudah berjalan cukup efektif. Hal ini, diukur dengan enam indikator efektivitas yaitu indikator laba/penghasilan, kemangkiran, semangat kerja, motivasi, kepuasan, dan kepaduan-konflik konflik-kompak. Setelah dilakukan penelitian, secara keseluruhan peran pasar dapat dikatakan cukup efektif. Hanya saja, jika dilihat dari indikator kepuasan, peran pasar tradisional bagi pedagang Pasar Rempoah II kurang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pasar Tradisional, Motivasi.
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 26 Nov 2018 23:53
Last Modified: 26 Nov 2018 23:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4577

Actions (login required)

View Item View Item