PENGARUH PENGETAHUAN DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto)

Nurngaeni, NIM. 1423203066 (2018) PENGARUH PENGETAHUAN DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURNGAENI_PENGARUH PENGETAHUAN DAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH DI BANK.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank syariah adalah lembaga keuangan yang operasionalnya dan berbagai produknya dikembangkan berlandaskan syari’ah Islam, khususnya berkaitan dengan pelarangan riba (bunga), maisir (spekulasi), dan gharar (ketidakjelasan). Pengetahuan konsumen tentang informasi perbankan syariah akan memberikan dampak terhadap perilaku konsumen. Sehingga seseorang yang memiliki pengetahuan dan persepsi baik tentang perbankan syariah maka akan semakin besar kemungkinannya untuk memilih menjadi nasabah di bank syariah. Pengetahuan adalah apa yang diketahui atau hasil pekerjaan tahu. Pekerjaan tahu tersebut adalah hasil dari kenal, sadar, insaf, mengerti, dan pandai. Dengan demikian pengetahuan merupakan hasil proses dari usaha manusia untuk tahu. Sedangkan persepsi adalah proses interval yang dilakukan untuk memilih, mengevaluasi dan mengorganisasikan rangsangan dari lingkungan exsternal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menggunakan jenis peneltian lapangan (field research), yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Purwokerto dengan tujuan mengetahui pengaruh pengetahuan dan persepsi mahasiswa terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi liner berganda. Berdasarkan hasil penelitan yang diolah dengan menggunakan Aplikasi Mixrosoft Exsel dan SPSS 16 dapat diketahui bahwa variabel pengetahuan dan persepsi memiliki pengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah. Pada uji R Square, menjelaskan bahwa variabel pengetahuan dan persepsi memiliki pengaruh terhadap variabel keputusan menjadi nasabah di bank syariah sebesar 53,9%. Sedangkan sisanya sebesar 46,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Persepsi, Perbankan Syariah Dan Keputusan Menjadi Nasabah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 03 Dec 2018 00:24
Last Modified: 03 Dec 2018 00:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4574

Actions (login required)

View Item View Item