SyarifHidayatulloh, 1423301205 (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SANTRI DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN MUROJA’AH JUZ ‘AMMA DI PONDOK PESANTREN AL¬¬-HIDAYAH KARANGSUCI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS SyarifHidayatulloh NIM. 1423301205. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text
SYARIF HIDAYATULLOH_Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Santri Dalam Pelaksanaan Kegiatan Muroja’ah J.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) |
Abstract
Pendidikan karakter merupakan bagian yang penting dari proses pendidikan sehingga sudah seharusnya tidak ada dikotomi antara pendidikan akademik dan pendidikan karakter. Salah satu fakta atau gambaran penyelenggaraan pendidikan berbasis pembangunan karakter di Indonesia, yang mana hal ini juga merupakan salah satu hasil pengamatan lapangan peneliti yang dilaksanakan pada hari selasa tanggal 24 oktober 2017 adalah nilai-nilai pendidikan karakter peserta didik (Santriwan/Santriwati) di Pondok Pesantren Al Hidayah Karangsuci Purwokerto, yakni dalam kegiatan muroja’ah juz ‘amma. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian Lapangan yang bersifat deskriptif. Metode yang digunakan antara lain adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data, dan Verivikasi data. Subjek penelitian yaitu yang mengetahui tentang kegiatan muroja’ah dalam hal ini yaitu Kepala pengampu dan santri. Objek penelitian yaitu diPondok Pesantren Al-Hidayah karangsuci Purwokerto Kabupaten Banyumas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis, ditemukan kesimpulan mengenai nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam kegiatan muroja’ah Juz ‘amma yang harus diketahui yaitu 1) Nilai karakter yang hubungannya dengan Tuhan (Religius) adalah Rajin beribadah kepada Allah SWT 2) Nilai Karakter yang hubungannya dengan diri sendiri meliputi Disiplin, Tanggung Jawab, Kerja Keras,jujur,Gemar membaca dan Rasa ingin tahu, 3) Nilai Karakter yang hubungannya dengan sesama meliputi demokrasi, komunikatif. Dari beberapa Nilai pendidikan karakter tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan murja’ah Juz ‘amma di Pondok Pesantren Al-Hidayah karangsuci Purwokerto Kabupaten Banyumas mengandung Nilai Pendidikan Karakter. kata kunci : NilaiPendidikanKarakterSantri
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | NilaiPendidikanKarakterSantri |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 01:55 |
Last Modified: | 16 Oct 2018 01:55 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4569 |
Actions (login required)
View Item |