ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP N 2 KEMBARAN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018 SITI CAHYATI 1423301157

SITI CAHYATI, 1423301157 (2018) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VIII DI SMP N 2 KEMBARAN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018 SITI CAHYATI 1423301157. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
SITI CAHYATI_ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Evaluasi hasil belajar merupakan rangkaian tindakan yang tidak terpisahkan dengan proses pembelajaran. Guru sebagai pendidik, pengajar dan pembimbing setiap saat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan penuh tanggung jawab, sehingga evaluasi menempati posisi yang sangat strategis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP N 2 Kembaran Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/ 2018 ditinjau dari analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda serta analisis pengecohnya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis datanya dengan menggunakan program Anates Versi 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 45 butir soal Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP N 2 Kembaran Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2017/ 2018 berdasarkan analisis empirik yang meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, serta analisis pengecoh diperoleh rincian bahwa secara validitas 40 butir soal tergolong valid, reliabilitas soal sebesar 0,79 yang berarti instrumen soal dinyatakan reliabel, tingkat kesukaran butir soal mayoritas tergolong sedang, daya pembeda butir soal mayoritas tergolong cukup baik, serta analisis fungsi pengecohnya dapat dikatakan berfungsi dengan baik 49% karna alternatif jawaban butir soal dipilih oleh lebih dari 5% testee dan sisanya tidak berfungsi dengan baik. Kata kunci: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, fungsi pengecoh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, fungsi pengecoh.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Oct 2018 01:48
Last Modified: 16 Oct 2018 01:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4568

Actions (login required)

View Item View Item