PENERAPAN STRATEGI CARD SORT PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI DARWATA KARAMGJATI 02 KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP Anis Rofiqoh NIM: 1423305137

Anis Rofiqoh, 1423305137 (2018) PENERAPAN STRATEGI CARD SORT PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI DARWATA KARAMGJATI 02 KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP Anis Rofiqoh NIM: 1423305137. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER__BAB I__BAB V__DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text
ANIS ROFIQOH__PENERAPAN STRATEGI CARD SORT PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI DARWATA KARAMGJATI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kelas V MI Darwata adalah kelas yang sudah menerapkan strategi Card Sort. Strategi Card Sort yaitu strategi yang digunakan untuk mengajarkan konsep,karakteristik, klasifikasi, fakta tentang suatu obyek atau mengulang informasi. Dari penerapan strategi Card Sort dalam pembelajaran IPS kelas V MI Darwata Karangjati 02 Kecamatan Sampang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2017/2018 telah menunjukan hasil yang baik, diantarnya nampak bersemangat atau tingginya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS. Dari hal inilah penelitian dilakukan untuk mengetahui penerapan dan langkah-langkah strategi Card Sort dipakai dalam pembelajaran. Penelitian yang dimaksud ialah penelitian lapangan /field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun obyek penelitian yaitu penerapan strategi Card Sort pada pembelajaran IPS kelas V semester I dan subyek penelitian yaitu guru mata pelajaran IPS dan siswa kelas V. Metode yang dipakai untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang meliputi analisis sebelum di lapangan dan analisis analisis setelah di lapangan yaitu redukti data (Data Reduction), penyajian data (data display) Penulis menyimpulkan bahwa ilmu pengetahuan sosial menggunakan strategi Card Sort yang dilakukan guru sudah baik. Karena strategi pembelajaran merupakan pedoman guru untuk memudahkan dalam mengajar demi tercapainnya pembelajaran yang efektif. Card Sort merupakan salah satu strategi pembelajaran aktif untuk menguasai materi dan membuat pembelajaran tetap melekat di dalam pikiran peserta didik. Dalam menerapkan strategi Card Sort guru melakukan modifikasi dan variasi, didalam langkah-langkah Card Sort tidak sama persis dengan langkah-langkah Card Sort pada umumnya. Kata kunci : Strategi Card Sort, Pembelajaran IPS, MI Darwata Karangjati 02

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Card Sort, Pembelajaran IPS, MI Darwata Karangjati 02
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Oct 2018 01:10
Last Modified: 16 Oct 2018 01:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4563

Actions (login required)

View Item View Item