IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PRODUK MIE LIDI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PABRIK MIE LIDI “SATRIA JAYA” DESA KARANGTENGAH KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP)

Fiki Anggriani, NIM. 1423203013 (2018) IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PRODUK MIE LIDI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PABRIK MIE LIDI “SATRIA JAYA” DESA KARANGTENGAH KECAMATAN SAMPANG KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER BAB 1 BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi FUULL JADI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam melakukan pemasaran suatu produk dibutuhkan sebuah strategi. Salah satu strategi yang digunakan adalah dengan menerapkan bauran pemasaran (Marketing Mix). Keempat unsur Marketing Mix ini tentu saja saling berhubungan dan berkaitan erat satu sama lain. Manajemen pada dasarnya tidak boleh hanya menekankan pada salah satu hal saja apabila menginginkan hasil yang memuaskan, yaitu memperoleh pendapatan dengan memuaskan kebutuhan konsumen. Begitupun pada pabrik mie lidi “Satria Jaya” yang menggunakan strategi bauran pemasaran dengan menyesuaikan kebutuhan konsumen serta terus memberikan kepuasan terhadap konsumen dengan menerapkan strategi pada setiap unsur bauran pemasaran yaitu produk, harga, distribusi, dan promosi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), ide pentingnya adalah bahwa peneliti berangkat ke „lapangan‟ untuk mengadakan pengamatan tentang sesuatu fenomenon dalam suatu keadaan alamiah atau „in situ‟. Data diperoleh dari subyek penelitian seperti pemilik dan karyawan pabrik. Sedangkan dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Pabrik Mie lidi “Satria Jaya” Sampang, Cilacap. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan bauran pemasaran pada Pabrik Mie Lidi “Satria Jaya” sudah cukup baik dalam menerapkan unsur bauran pemasaran. Penentuan keberhasilan pada pabrik mie lidi “Satria Jaya” dapat dilihat dari aspek produk yang selalu berusaha menyediakan produk yang berkualitas tinggi, harga yang bisa dijangkau oleh semua kalangan, lokasinya yang strategis dan promosi yang dilakukan berhasil membuat konsumen tertarik terhadap produk mie lidi. Dan berdasarkan hasil penelitian dari analisis ekonomi Islam, pabrik mie lidi “ Satria Jaya” dalam melakukan proses produksi, penentuan harga, tempat dan promosi sudah sesuai dengan Ekonomi Islam karena tidak ada hal-hal yang bertentangan dengan aturan yang terdapat dalam prinsip Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Ekonomi Islam
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 03 Dec 2018 00:23
Last Modified: 03 Dec 2018 00:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4556

Actions (login required)

View Item View Item