IMPLEMENTASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO

Putri Resmi Utami, NIM. 1423301241 (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
PUTRI RESMI UTAMI _IMPLEMENTASI PROGRAM FULL DAY SCHOOL DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SDIT HA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Semakin hilangnya nilai-nilai agama, semakin deras arus pergeseran dan kemerosotan moral yang menimbulkan kegelisahan masyarakat, sehingga lembaga pendidikan sebagai penanggung jawab dalam memberikan pendidikan, menjaga dan memperkokoh moral bangsa harus mampu meningkatkan mutu dari pendidikan, salah satunya dengan penyelenggaraan belajar sehari penuh (full day school), dalam program ini tidak hanya memberi pengetahuan saja tetapi juga memberikan pendalaman tentang agama sebagai media pembentukan akhlak. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana implementasi program full day school dalam pembentukan akhlak siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan mendeskripsikan tentang implementasi program full day school dalam membentuk akhlak siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Objek peneltian ini adalah Implementasi program full day school dalam pembentukan akhlak siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (conclusion drawings). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program full day school dalam pembentukan akhlak siswa di SDIT Harapan Bunda Purwokerto melalui kegiatan pembelajaran maupun kegiatan diluar jam pelajaran dan kegiatan yang dilakukan secara terprogram baik harian (penyambutan siswa, shalat dhuha, dzikir pagi, hikmah pagi, jurnal pagi, hafalan Al-Qur’an dan lain-lain) ,mingguan (upacara, ekstrakurikuler, infaq halaqah, dan lain-lain), tahunan (mabit, pesantren ceria ramadhan dan lain-lain), incident (Bimbingan belajar, bimbingan lomba, dan sumbangan musibah). Metode dalam membentuk akhlak dengan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode pemberian nasihat, metode kisah, metode pendampingan, metode appersepsi dan metode telaah ayat dan hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Implementasi Program Full Day School, Pembentukan Akhlak Siswa.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 30 Oct 2018 04:04
Last Modified: 30 Oct 2018 04:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4544

Actions (login required)

View Item View Item