Siti Istiqomah, 1423305128 (2018) EVALUASI RANAH AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 01 TINGGARJAYA. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
SITI ISTIQOMAH_EVALUASI RANAH AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN IPS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Ranah afektif sangat penting bagi kehidupan keberagamaan karena IlmuPengetahuan Sosial tidak hanya dalam fikiran belaka tetapi juga sebagai sikap hidup dan perilaku sehari - hari peserta didik. Untukmengetahuiseberapajauhperubahantingkahlakupesertadidikmakadibutuhkannyaevaluasi.Pembelajarandapatdikatakanberhasiljikasiswadapatmenerapkanapa yang adadidalampembelajarandenganbaikdalamkehidupansehari-hari, dankeberhasilanitubukanhanyadilihatdariseberapatinggiangkanilai yang dicapaisiswamelainkanseberapajauhperubahantingkahlakusiswa. Selamainievaluasipendidikan yang dilakukanolehparapendidikkebanyakanhanyamengedepankanaspekaspekkognitifdanpsikomotoriksaja.Padahal secara tidak langsung mereka melakukan evaluasi afektif juga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang proses kegiatan evaluasi ranah afektif pada pembelajaran IPS kelas IV SD Negeri 01 Tinggarjaya Kec Sidareja Kab Cilacap yang meliputi beberapa tahap dalam mengevaluasi.Metodepengumpulan data yang digunakanyaitumetodeobservasi,wawancara, dandokumentasi.Metodeobservasidigunakanuntukmemperoleh datatentang proses pelaksanaanevaluasiranahafektifdalammatapelajaranIPSdiSD Negeri 01 Tingarjaya. Metodewawancaradigunakanuntukmemperolehpenjelasanlangsungtentangsituasi yang berkaitandenganpermasalahan yang ditelitiyaituAspek, Proses danHasilevaluasiranahafektif diSD Negeri 01 Tinggarjaya.Sedangkanmetodedokumentasidigunakanuntukmemperoleh data tentanggambaranumum SD Negeri 01 Tinggarjaya, danfoto-fotopelaksanaanevaluasisertapembelajaran yang dilakukan di SD Negeri 01 Tinggarjaya. Untukmenganalisis data, penulismelakukanpenelaahanseluruh data, reduksi data, penyajian data, danverifikasi.Hasildaripenelitianiniadalahmengenaiaspekafektif yang dinilai di SD Negeri 01 Tinggarjaya yang meliputi aspek; sikap, motivasi, konsepdiri, minat,dannilai.Selainitupenilaianjuga yang berorientasipadapenilaiankurikulum 2013,dalampelaksanaannyapenilaiankurikulum 2013 meliputi; penilaianobservasi,penilaiandiri, danpenilaianantarteman.Tahapanevaluasiranahafektifpada pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 01 Tinggarjaya dalampelaksanaannyameliputitahap; perencanaan, pelaksanaan, pengolahandata,pengolahan data, analisis data, danpelaporanevaluasiranahafektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | :EvaluasiRanahAfektif, Aspek, Proses, dan Hasil. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 09 Oct 2018 02:19 |
Last Modified: | 09 Oct 2018 02:19 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4535 |
Actions (login required)
View Item |