Helena Agustin, 1423301180 (2018) INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN DUALISTIK DI THAILAND SELATAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA (Studi Kasus di Rongrian Thamvitya Mulniti Muang Yala) Oleh: Helena Agustin 1423301180. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
JUDUL, BAB 1, BAB 5 DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (582kB) | Preview |
|
Text
SKRIPSI full helen.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Persoalan dualisme sistem pendidikan sangat dirasakan Muslim-Melayu sejak berlakunya kebijakan dari Kerajaan Thailand dengan ditetapkannya pendidikan sekuler tersebut. Oleh karena itu, hal ini sangat berimplikasi terhadap keberlangsungan pendidikan agama Islam di Thailand Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan implikasi dari penerapan dualisme sistem pendidikan tersebut terhadap pendidikan agama di Rongrian Thamvitya Mulniti Muang Yala, Thailand Selatan. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu; implikasi dari integrasi sistem pendidikan dualistik di Thailand Selatan yaitu perpaduan antara pendidikan agama dan akademik terhadap pendidikan agama di Rongrian Thamvitya Mulniti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran di Rongrian Thamvitya Mulniti dengan mengintegrasi sistem pendidikan dualistik merupakan warisan kolonialisme. Dengan mengintegrasi sistem pendidikan dualistik ini tentunya mempunyai organisasi kurikulum yang berbeda pula antara kurikulum pendidikan agama dan kurikulum pendidikan akademik. Perkembangan pendidikan Islam di Thailand Selatan dengan program integrasi/terpadu ini juga sangat berimplikasi pada sistem pendidikan agama yang dilaksanakan di Rongrian Thamvitya Mulniti. Ada beberapa implikasi yang terjadi dari integrasi sistem pendidikan dualistik di Thailand Selatan terhadap pendidikan Islam, antara lain; pengurangan jam pendidikan agama, pendidikan agama kurang mendapat perhatian dari pemerintah, program percepatan pendidikan agama, pendangan tentang pendidikan agama dianggap biasa, dan pendidikan akademik lebih popular dari pada pendidikan agama. Kata kunci; Integrasi Sistem Pendidikan, Sistem Pendidikan Dualistik, Thailand Selatan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi Sistem Pendidikan, Sistem Pendidikan Dualistik, Thailand Selatan |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 10:35 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 10:35 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4521 |
Actions (login required)
View Item |