PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MA’ARIF NU 1 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Siti Mujiatul Makiyah, 1123308075 (2018) PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MA’ARIF NU 1 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
SITI MUNJIATUL MAKIYAH_PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru dalam kegiatan pembelajaran, karena guru mempunyai tanggung jawab besar dalam perkembangan kepribadian siswa, terutama yang terjadi di kelas, oleh sebab itu guru dituntut untuk memiliki keterampilan dalam pengelolaan kelas. Dalam hal ini peneliti mengkaji bagaimana penataan ruang kelas dan pengelolaan perilaku siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif NU 1 Purwokerto. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pengelolaan kelas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif NU 1 Purwokerto. Sedangkan secara khusus, penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui penataan ruang kelas dan pengelolaan perilaku siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif NU 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 alur kegiatan yang berlangsung bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah memahami deskripsi yang disajikan hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, penataan ruang kelas dalam pembelajaran PAI di SMP Ma’arif NU 1 Purwokerto dilakukan dengan melakukan penataan dan pengaturan ruang kelas untuk menghindari kejenuhan pada peserta didik dalam belajar dan memudahkan guru dan siswa bergerak dan berinteraksi saat kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas, serta pengaturan media pendidikan dalam kegiatan belajar mengajar. Penempatan posisi siswa SMP Ma’arif NU 1 Purwokerto di kelas, sebagai suatu bentuk pembinaan personal kelas diketahui telah mempertimbangkan; tinggi pendek badan siswa, kesamaaan jenis kelamin keseimbangan pandangan pada penglihatan siswa, melalui sistem rooling. Kedua, Pengelolaan perilaku siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Ma’arif NU 1 Purwokerto dilakukan dengan pembinaan perilaku siswa dengan menentukan peraturan sekolah dan mengimplementasikan norma yang berlaku di masyarakat dalam kehidupan sekolah, seperti kebiasaan antre, sapa, salim, salam, senyum, dan santun kepada orang lain. Dalam pembelajaran di kelas guru memberikan perhatian kepada semua siswa dengan berjalan dan memandang ke semua arah. Keakraban di antara guru dan siswa sudah bagus. Pada setiap kesalahan yang dilakukan siswa, guru menginginkan perubahan tingkah laku dengan menegur dan mengajarkan hal yang sebenarnya dilakukan. Kata Kunci: Penataan, Ruang Kelas, Perilaku Siswa, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penataan, Ruang Kelas, Perilaku Siswa, Pembelajaran PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:03
Last Modified: 08 Oct 2018 07:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4514

Actions (login required)

View Item View Item