NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM BUKU-BUKU YANG DITERBITKAN KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Muhammad Iqbal, NIM. 1423305203 (2018) NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM BUKU-BUKU YANG DITERBITKAN KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
SEKRIPSI FUULLL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman nilai antikorupsi sejak dini dapat ditanamkan di sekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Nilai pendidikan antikorupsi dalam buku-buku komisi pemberantasan korupsi memuat nilai-nilai yang mendorong perilaku positif yang terangkum dalam sembilan rumusan atau nilai sembilan integritas. Nilai antikorupsi yang ditanamkan di antaranya; jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil. Penelitian ini bertujuan utuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan antikorupsi dalam buku-buku komisi pemberantasan korupsi dan implementasinya dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Analisis data dilakukan dengan proses reduksi, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan antikorupsi yang terkandung dalam buku-buku terbitan komisi pemberantasan korupsi di antaranya; pengetahuan hak atau kepemilikan, kemampuan, hubungan keluarga, hubungan persahabatan, hubungan profesi, keinginan belajar, tanggung jawab diri, pengakuan diri, kesadaran memperbaiki, sikap wajar, pengakuan kesalahan, menolak kesewenang-wenangan, dan kemampuan menengahi. Adapun implementasi pembelajaran yang dapat diterapkan adalah nilai jujur dan tanggung jawab mengingat kedua nilai tersebut adalah nilai yang paling dominan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan, Antikorupsi dan Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 25 Oct 2018 00:32
Last Modified: 25 Oct 2018 00:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4496

Actions (login required)

View Item View Item