HUBUNGAN PENGUASAAN ILMU TAJWID DENGAN KEMAMPUAN QIRÂ’ÂT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS(Studi Deskriptif Peningkatan Prestasi Tahsin) Oleh: TIKA FERA ARDIANA NIM. 1423301297

TIKA FERA ARDIANA, 1423301297 (2018) HUBUNGAN PENGUASAAN ILMU TAJWID DENGAN KEMAMPUAN QIRÂ’ÂT SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS(Studi Deskriptif Peningkatan Prestasi Tahsin) Oleh: TIKA FERA ARDIANA NIM. 1423301297. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (949kB) | Preview
[img] Text
TIKA FERA ARDIANA_HUBUNGAN PENGUASAAN ILMU TAJWID DENGAN KEMAMPUAN QIRÂ’ÂT SISWA KELAS VII SMP NE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan ilmu tajwid dengan kemampuan qirâ’ât siswa kelas VII SMP Negeri 8 Purwokerto Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Purwokerto, dari jumlah 276 siswa kelas VII diambil sampel. Untuk menentukan sampel yang akan digunakan dalam penelitian, peneliti menggunakan teknik sampling probability sampling. Dalam penelitian ini teknik yang dipilih yaitu proportionate stratified random sampling. Jumlah sampel dari populasi 276 dengan taraf kesalahan 5%, maka jumlah sampelnya 155. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu penguasaan ilmu tajwid sebagai variabel X dan kemampuan qirâ’ât siswa sebagai variabel Y. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi (correlational research). Penelitian korelasi adalah penelitian yang dilakukan untuk menemukan ada atau tidaknya hubungan dua atau lebih variabel. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan tes/soal tes penguasaan ilmu tajwid untuk data variabel X dan nilai kemampuan qirâ’ât siswa untuk data variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan , diperoleh kesimpulan bahwa hasil analisis interpretasi dengan cara sederhana diperoleh hasil angka indeks korelasi sebesar 0,313 tidak bertanda negatif, berarti kedua variabel tersebut terdapat korelasi/hubungan, sedangkan dengan analisis interpretasi dengan cara mengkonsultasikan pada Tabel “r” Product Moment pada taraf signifikansi 5 % dan 1%. Dari perhitungan uji signifikansi diketahui bahwa nilai r_hitung untuk hubungan penguasaan ilmu tajwid dan kemampuan qirâ’ât lebih besar dari nilai r_tabel pada taraf signifikansi 5% dan 1% (r-h> : r-t / 0,313 > 0,159/0,210) yang menghasilkan kesimpulan bahwa H0 yang menyatakan tidak ada hubungan antara penguasaan ilmu tajwid dengan kemampuan qirâ’ât siswa kelas VII SMP Negeri 8 Purwokerto Kabupaten Banyumas ditolak dan Ha yang menyatakan ada hubungan antara penguasaan ilmu tajwid dengan kemampuan qirâ’ât siswa kelas VII SMP Negeri 8 Purwokerto Kabupaten Banyumas diterima. Kata Kunci: Penguasaan Ilmu Tajwid dan Kemampuan Qirâ’ât

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penguasaan Ilmu Tajwid dan Kemampuan Qirâ’ât
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:30
Last Modified: 28 Sep 2018 03:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4439

Actions (login required)

View Item View Item