MANAJEMEN PUSAT SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 3 PATI KABUPATEN PATI

Indah Rustiah, 1223303095 (2018) MANAJEMEN PUSAT SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 3 PATI KABUPATEN PATI. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
INDAH RUSTIAH_MANAJEMEN PUSAT SUMBER BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 3 PATI KABUPAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu proses pengembangan potensi individu. Melalui pendidikan, potensi yang dimiliki oleh individu akan diubah menjadi kompetensi . Kompetensi mencerminkan kemampuan dan kecakapan individu dalam melakukan suatu tugas atau pekerjaan. Tugas pendidik atau guru dalam hal ini adalah memfasilitasi anak didik sebagai individu untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki menjadi kompetensi sesuai dengan cita-citanya. Kepala sekolah mempunyai peran besar bagi pembentukan guru yang berkualitas, dengan memberi dorongan, pengarahan, motivasi kerja, pembinaan, dan pengawasan yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja mereka. Selain itu, guru juga penting peranannya karena guru merupakan kunci sukses lembaga pendidikan. Guru juga memiliki peranan sangat penting dan strategis dalam membimbing peserta didik ke arah kedewasaan, kematangan, dan kemandirian. Kepala sekolah SMK Negeri 3 Pati selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui program pembelajaran pendidikan agama Islam. Oleh karena ini skripsi ini berusaha meneliti tentang Bagaimana prosedur pelaksanaan manajemen pusat sumber belajar dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Negeri 3 Pati. Rumusan masalah : (1) Bagaimanakah manajemen pusat sumber belajar PAI di SMK Negeri 2 Pati. (2) Apa hambatan dan upaya-upaya yang di lakukan SMK Negeri 3 Pati untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen pusat sumber belajar PAI. Jenis penelitian kualitatif lapangan (field research) menggunakan metode obsevasi digunakan untuk memperoleh data atau gambaran tentang letak georafis, sarana dan prasarana, keadaan guru dan siswa.Metode wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang manajemen pusat sumber belajar PAI di SMK Negeri 3 Pati.Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang tinjauan historis dan struktur organisasi. Adapun teknis analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMK Negeri 3 Pati dalam mengelola pendidikannya telah menerapkan adanya manajemen di dalamnya, seperti; perencanaan, pelaksanaan , pengawasan dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa pelaksanan manajemen pusat sumber belajar PAI di SMK Negeri 3 Pati.sudah berjalan dengan baik meskipun ada hambatan.Penelitian ini diharapkan dijadikan rujukan dalam manajemen pusat sumber belajar PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: anajemen Pusat Sumber Belajar, Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:59
Last Modified: 28 Sep 2018 02:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4430

Actions (login required)

View Item View Item