PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN BERBASIS MUSIK UNTUK MENGENALKAN HURUF DAN ANGKA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AL-AZKIA IAIN PURWOKERTO

RISDIANTO HERMAWAN, 1423311030 (2018) PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN BERBASIS MUSIK UNTUK MENGENALKAN HURUF DAN ANGKA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN AL-AZKIA IAIN PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text
RISDIANTO HERMAWAN_PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MUSIK UNTUK MENGENALKAN HURUF DAN ANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)

Abstract

Pada dasarnya anak usia dini memiliki kemampuan yang sangat luar biasa, terutama dalam proses perkembangannya. Dari sini perlu adanya optimalisasi perkembangan anak secara tepat, tidak dengan membebani atau pun memaksa anak. Salah satu upaya yang dilakukan dalam pembaga pendidikan anak usia dini adalah melalui model pembelajaran berbasis musik. Selain tidak membebani anak dalam belajar juga anak akan merasa senang selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana pengembangan model pembelajaran berbasis musik untuk mengenalkan huruf dan angka pada anak usia dini di Kelompok Bermain Al-Azkia IAIN Purwokerto Kecamatan Purwokerto utara, Kabupaten Banyumas. Penelitian dengan judul Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Musik Untuk Mengenalkan Huruf dan angka pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Al Azkia IAIN Purwokerto ini secara metodologis dekat dengan penelitian pengembangan atau yang biasa disebut Researh and Development/R&D. Hasil pengembangan model pembelajaran berbasis musik untuk mengenalkan huruf dan angka pada anak usia dini di Kelompok Bermain Al-Azkia merupakan wujud yang dilaksanakan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan anak didik dalam mengenal huruf dan angka. Penelitian ini juga menghasilkan produk berupa musik yang dapat diterapkan untuk memberikan materi untuk mengenalkan huruf dan angka pada anak. Anak didik cenderung lebih dapat memahami atau mengenal huruf dan angka dengan menggunakan musik sehingga kemampuan dan pemahaman anak berkembang lebih optimal. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Musik, Membaca dan Berhitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Musik, Membaca dan Berhitung.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Language Skills for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Sep 2018 02:11
Last Modified: 28 Sep 2018 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4429

Actions (login required)

View Item View Item