EFEKTIVITAS MANAJEMEN MASJID DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN (STUDI KASUS PADA MASIID JENDERAL BESAR SOEDIRMAN PURWOKERTO) NURUL AINI 1423104032

NURUL AINI, 1423104032 (2018) EFEKTIVITAS MANAJEMEN MASJID DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN (STUDI KASUS PADA MASIID JENDERAL BESAR SOEDIRMAN PURWOKERTO) NURUL AINI 1423104032. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
Cover_Awal_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka..pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
NURUL AINI_EFEKTIFITAS MANAJEMEN MASJID DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)

Abstract

Masjid secara terminologis diartikan sebagai tempat ibadah umat Islam, khususnya dalam menegakkan sholat lima waktu. Masjid sering disebut sebagai rumah Allah yang digunakan sebagai sarana ibadah serta merupakan tempat disemikan nilai kebajikan dan kemaslahatan umat baik urusan ukhrawi maupun duniawi. Semua dapat sukses dilakukan apabila dirangkum dalam sebuah garis kebajikan manajemen masjid. Fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat dilaksanakannya ritual ibadah semata tetapi juga dilaksanakannya berbagai kegiatan untuk kemaslahatan umat Islam. Masjid yang dikelola secara maksimal dengan menerapkan manajemen dapat meningkatkan sebuah pelayanan kepada jama’ah. Oleh karena itu, pengurus masjid harus menyadari pentingnya mengelola masjid karena potensi masjid yang besar akan meningkatkan kesejahteraan umat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Manajemen Masjid dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan kepada jama’ah Masjid Jenderal Besar Purwokerto.Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan melakukan pendekatan ini penulis melakukan pendekaan ini untuk menghasilakan data deskriptif terkait Efektivitas Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil temuan penulis di lapangan dapat diketahui bahwa Masjid Jenderal Besar Soedirman Purwokerto telah mencapai efektivitas manajemen dalam meningkatkan mutu pelayanan. Hal ini dibuktikan dengan berbagai aktivitas yang telah tercapai dan dirasakan keberadaannya dan manfaatnya oleh masyarakat seperti terlaksananya kegiatan ibadah, kajian rutin, dan pelayanan fasilitas yang memuaskan jama’ah. Dengan tercapainya Efektivitas manajemen masjid, Peningkatan mutu pelayanan Masjid Jenderal Besar Soedirman Purwokerto diantaranya adalah semakin banyaknya jama’ah yang hadir untuk melaksankan ibadah dan kegiatan, pelayanan fasilitas masjid yang lengkap dan memuaskan jama’ah, dan terbukanya takmir masjid menerima kritik dan saran yang membangun dari masyarakat dan jama’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: fektivitas, Manajemen Masjid, dan Mutu Pelayanan.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.1 Organization Management
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 27 Sep 2018 00:36
Last Modified: 27 Sep 2018 00:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4412

Actions (login required)

View Item View Item