PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 KUTALIMAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Siti Muniroh Ulfah, NIM: 1123304129 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 KUTALIMAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (144MB) | Preview
[img] Text
SITI MUNIROH ULFAH_PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 KUTALIMAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari beberapa komponen yang saling berkaitan berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Komponen-komponen pembelajaran tersebut mempunyai tugas masing-masing yang saling berkaitan, untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut yang tidak kalah pentingnya adalah metode pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran berlangsung yang sesuai dengan materi-materi yang diajarkan dengan kondisi siswa pada saat mengikuti proses pembelajaran agar siswa dapat menerima materi pelajaran tersebut dengan baik dan tentunya standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di SD Negeri 1 Kutaliman Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Subjek penelitian adalah guru PAI, siswa dan kepala SD Negeri 1 Kutaliman. Sedangkan objek penelitian ini adalah metode pembelajaran PAI. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan untuk penulisan hasil penelitian untuk mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran PAI di kelas V SD Negeri 1 Kutaliman dilakukan dengan menerapkan metode bervariasi, dan telah sesuai dengan materi pelajaran yang diajarkan. Metode yang diterapkan sangat variatif dan keaktifan siswa sangat diprioritaskan. Adapun metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran PAI di kelas V SD Negeri 1 Kutaliman adalah: metode ceramah, tanya jawab, drill, diskusi, resitasi, demonstrasi, dan bermain peran, yang dikolaborasikan dengan baik dan tepat. Pemilihan metode pembelajaran telah disesuaikan dengan kompetensi atau materi pelajaran yang harus dikuasai siswa dan waktu yang tersedia. Dalam proses pembelajaran PAI, metode pembelajaran yang diterapkan guru tidak digunakan sendiri-sendiri melainkan merupakan kombinasi dari beberapa metode mengajar yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Hal ini dilakukan, karena penggunaan metode yang bervariasi akan memaksimalkan pembelajaran PAI di kelas. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 12 Jul 2016 03:56
Last Modified: 12 Jul 2016 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/441

Actions (login required)

View Item View Item