PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Ismi Armilatu Syarofah, 1423305019 (2018) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU KARANGNANGKA KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ISMI ARMILATU SYAROFAH_PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, model pembelajaran, serta faktor penghambat dalam pembelajaran Kurikulum 2013 di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru, siswa Kelas IV, dan Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu pdoman observasi, pedoman wawancara, pedoman analisis RPP. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan langkah guru dalam menyusun RPP yaitu memilih tema, mengakaji buku guru, mengkaji silabus, kemudian menyusun RPP. RPP yang disusun guru sudah sesuai konsep Kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 guru sudah melaksanakan pembelajaran tematik integratif, menggunakan pendekatan pembelajaran scientific, dan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. Dalam penilaian pembelajaran Kurikulum 2013, guru sudah menggunakan penilaian Autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. penilaian Autentik yang digunakan guru antara lain penilaian sikap, penilaian portofolio, dan tertulis. Metode yang digunakan guru yaitu, menggunakan metode ceramah, diskusi, penugasan dan tanya jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Pelaksanaan Pembelajaran, Kurikulum 2013
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Sep 2018 06:43
Last Modified: 26 Sep 2018 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4396

Actions (login required)

View Item View Item