PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS AUDITORIAL, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI AL FALAH KARANG TENGAH KEMBARAN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

yita Dewayani, 1423305019 (2018) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS AUDITORIAL, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MI AL FALAH KARANG TENGAH KEMBARAN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (848kB) | Preview
[img] Text
SYITA DEWAYANI_PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS AUDITORIAL VISUAL DAN INTELEKTUAL) PADA MAT APE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, model pembelajaran, serta faktor penghambat dalam pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di kelas V Madrasah IbtidaiyahAl Falah Karang Tengah Kembaran Banyumas. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru, siswa Kelas V, dan Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Karang Tengah Kembaran Banyumas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu pedoman observasi, pedoman wawancara, pedoman analisis RPP dan pedoman kisi-kisi soal. Data analisis melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa langkah guru dalammenyusun RPP yaitumemilihtema, mengkajibuku guru, mengkajisilabus, kemudianmenyusun RPP. RPP yang disusun guru sudah sesuai konsep Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual). Dalam penilaian pembelajaran guru menilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Penilaian yang digunakan guru antara lain penilaian sikap, penilaian portofolio, dan tertulis. Metode yang digunakan guru yaitu, menggunakan metode ceramah, diskusi, penugasan dan tanya jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan,Pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual), Ilmu Pengetahuan Sosial
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 25 Sep 2018 01:27
Last Modified: 25 Sep 2018 01:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4385

Actions (login required)

View Item View Item