PENGARUH GAYA HIDUP (LIFE STYLE) DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi Kasus Pada Mahasiswi FEBI IAIN Purwokerto ) SKRIPSI

ALFIATUN NISA, 1423203003 (2018) PENGARUH GAYA HIDUP (LIFE STYLE) DAN LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi Kasus Pada Mahasiswi FEBI IAIN Purwokerto ) SKRIPSI. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
JUDUL, BAB 1, BAB 5, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (940kB) | Preview
[img] Text
skripsi full alfiatun nisabb.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan gaya hidup setiap tahun mengalami perubahan. Di Indonesia sendiri yang mayoritas penduduknya beragama Islam, sekarang sedang berkembang gaya hidup yang Islami. Hal ini dapat didukung dengan adanya pencantuman labelisasi halal pada kemasan produk. Label halal yang ada pada produk menjamin bahwa produk tersebut aman untuk dikonsumsi atau dipakai. Konsumen muslim tentunya akn mempertimbangkan hal tersebut sebelum melakukan pembelian. Produk wardah merupakan produk kosmetik yang halal dan aman, karena mengandung bahan yang tidak membahayakan. Dalam penelitian ini peneliti akan meneliti apakah ada pengaruh antara gaya hidup dan labelisasi halal terhadap keputusan pembelian? Menurut Kotler, Gaya hidup seseorang yaitu pola hidup seseorang dalam dunia kehidupan sehari-hari yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan opini.. Gaya hidup yang islami memiliki makna bahwa seseorang hidup berdasarkan apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi apa yang dilarang oleh Allah. Labelisasi halal merupakan penantuman label halal yang terdapat pada kemasan produk. Konsumen muslim tentunya mempertimbangkan hal tersebut sebelum melakukan keputusan pembelian. menurut Kotler yaitu tindakan dari konsumen untuk membeli ataupun untuk tidak membeli terhadap suatu produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu Gaya Hidup dan Labelisasi Halal, dan variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner kepada 91 responden. Kemudian data diolah menggunakan regresi ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) gaya hidup berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,774 atau 77,4%. 2) labelisasi halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan ilai koefisien korelasi sebesar 0,474 atau 47,4%. 3) variabel yang paling berpengaruh adalah variabel gaya hidup dengan koefisien korelasi sebesar 0,774 atau 77,4%. Kata Kunci: Gaya Hidup, Labelisasi Halal, Keputusan Pembelian.   THE INFLUENCE OF LIFESTYLE AND HALAL LABELLING ON PURCHASING DECISION WARDAH COSMETICS PRODUCT (Case Study on FEBI IAIN Purwokerto Student) Alfiatun Nisa NIM. 1423203002 ABSTRACT The development of lifestyle everyyear is always changing. In Indonesia, the major of the population is muslim, now is developing Islamic lifestyle. This can be supported by the inclusion of halal labels on product packaging. The halal label on the product guarantees that the the product is safe to consume or use. Consumers of muslims would certainly consider it before doing the purchase. Wardah cosmetics product are cosmetics product that halal and safe, because it contains materials that are not harmful. In this research, researchers will examine is there any influence between lifestyle and halal labelling to purchase decisiom. Acccording to Kotler, one’s lifestyle is one’s lifestyle of daily life expressed in activities, interest, and opinion. The Islamic lifestyle has a meaning that someone lives by what Allah has commanded and steer clear what is Allah forbid. Halal labelling is inclusion of halal label on product packaging. Consumer muslims certainly consider it before make a purchasing decision. According Kotler is the action of consumers to want to buy or not to the product. This research is a quantitative research. The variables on yhis research contains of independent variable (lifestyle and halal labelling) and dependent variables (purchasing decision). Research data collecting by questioner to 91 respondence. Than the data analyzed with ordinal regression. Result of this research show that: 1) lifestyle positively influence purchasing decision with the valu of correlation coefficient at 0,774 or 77,4%. 2) halal labelling positively influence purchasing decision with the value of correlation coefficient of 0,474 or 47,4%. 3) the most influential variable is the lifestyle, with the value of correlation coefficient of 0,774 or 77,54%. Key Word: Lifestyle, Halal Labelling, Purchase Decision

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Labelisasi Halal, Keputusan Pembelian.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Sep 2018 03:11
Last Modified: 24 Sep 2018 03:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4381

Actions (login required)

View Item View Item