PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIA MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI DI SDIT ANNIDA SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS

RIZKI HIDAYAT, 1323301180 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIA MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PAI DI SDIT ANNIDA SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
cver _ bab 1, bab 5,daftar pustaka.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL RIZQI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)

Abstract

Pembelajaran berbasis multiple intelligences dapat mengembangkan jenis kecerdasan yang dimiliki oleh siswa dan menggali potensi yang ada pada dirinya serta mampu meningkatkan kreatifitas dan motivasi belajar PAI. Namun pembelajaran berbasis multiple intelligences buka satu-satunya faktor yang mampu berkontribusi dalam mempengaruhi motivasi belajar PAI. Seperti tingkat intelligensi siswa, lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, pemilihan strategi, metode dan media pembelajaran juga dapat mempengaruhi motivasi belajar PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pembelajaran berbasis multiple intelligences di SDIT Annida Sokaraja Kabupaten Banyumas? Bagaimana motivasi belajar PAI di SDIT Annida Sokaraja Kabupaten Banyumas? dan Adakah pengaruh pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap motivasi belajar PAI di SDIT Annida Sokaraja, Kabupaten Banyumas? Penelitianini menggunakan metode penelitian kuantitatif, bertujuanuntukmengetahui pengaruh multiple intelligences terhadap motivasi belajar PAI di SDIT Annida Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Populasidalampenelitianiniyaitu seluruh siswa-siswi di SDIT Annida Sokaraja. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dengan prasyarat analisis yaitu uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji heteroskedastisitas data. Berdasarkanhasilpenelitian yang dilakukan, diperolehkesimpulanbahwa, 1) penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligences pada mata pelajaran PAI diimplementasikan dengan penggunaan strategi, metode dan media pembelajaran yang menunjang kecerdasan siswa. 2) motivasi belajar PAI di SDITA Annida Sokaraja terbukti dengan antusiasme siswa dalam pembelajaran PAI dan terjalin hubungan yang baik antara ustadz/ustadzah dengan siswa. 3) ada pengaruh pembelajaran berbasis multiple intelligences terhadap motivasi belajar PAI di SDIT Annida Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi diperoleh nilai thitung sebesar 3,193 dengan tingkat signifikan 0,003 lebih kecil dari 0,05. Besar determinasi pengaruh dibuktikan dengan nilai R SquaremenunjukanbesarpengaruhdariVariabel X terhadapvariabel Y, yaitu 0,207 = 20,7%. Artinya, besarnyapengaruh variabel X (multiple intelligences)terhadap Y(motivasibelajar PAI)adalah sebesar 20,7 %.Dari persamaanregresijugadiperlihatkanbesarnya Y = 58,112 + 0,324X yang mengandungpengertianbahwanilaivariabel Y adalah 58,436. Koefisienregresi sebesar 0,324 menyatakanbahwa setiappenambahan (karenatanda +) satunilaipada variabel X (multiple intelligences)akanmemberikankenaikanpadavariabel Y (motivasi belajar PAI) sebesar 0,324 poin. Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Motivasi Belajar PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, Motivasi Belajar PAI.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 24 Sep 2018 01:30
Last Modified: 24 Sep 2018 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4373

Actions (login required)

View Item View Item