Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Ma’arif NU Sokawera Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018

Dessy Larasshinta, NIM. 1323310028 (2018) Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Ma’arif NU Sokawera Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DESSY LARASSHINTA_PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA PEMBELAJARAN MEMBACA P.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa digunakan oleh manusia sebagai media untuk menyampaikan informasi, pikiran dan perasaan pada orang lain. Dengan bahasalah, manusia bisa mengungkapkan perasaan dan menjalin hubungan dengan orang lain. Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh semua orang, membaca membutuhkan sebuah keterampilan tersendiri agar tujuan dalam membaca bisa tercapai. Kemampuan membaca merupakan dasar dari berbagai bidang studi. Jika pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca, maka ia akan mengalami banyak kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada kelas-kelas berikutnya. Membaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa kelas awal. Metode SAS merupakan metode yang di khususkan untuk belajar membaca dan menulis permulaan di kelas 1, meskipun demikian, model SAS dapat dipergunakan dalam berbagai bidang pengajaran. Pada prinsipnya, model ini memiliki langkah operasional dengan urutan struktural menampilkan keseluruhan, analitik melakukan proses penguraian dan sintetik menggabungkan kembali kepada bentuk struktural semula. Fokus pada penelitian ini adalah : bagaimana Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) pada Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Ma’arif NU Sokawera Padamara Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif (field research). Subjek penelitian adalah guru kelas 1, kepala madrasah dan semua peserta didik kelas 1. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Penelitian ini menunjukkan adanya gambaran tentang penerapan metode SAS pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS sangat membantu siswa dalam belajar membaca khususnya membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode, SAS, Pembelajaran, Membaca, Permulaan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 21 Sep 2018 01:24
Last Modified: 21 Sep 2018 01:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4353

Actions (login required)

View Item View Item