Implementasi Kurikulum Mandiri Terpadu di Pondok Pesantren Pendidikan Islam (PPPI) Miftahussalam Banyumas

Suci Sa'umi, NIM. 1223303054 (2018) Implementasi Kurikulum Mandiri Terpadu di Pondok Pesantren Pendidikan Islam (PPPI) Miftahussalam Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUCI SA’UMI_IMPLEMENTASI KURIKULUM MANDIRI TERPADU DI PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM (PPPI) MI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan hal yang integral dalam sebuah lembaga pendidikan tak terkecuali pesantren. Melakukan sebuah pengembangan dan inovasi kurikulum juga penting dilakukan agar keberadaan pesantren tidak tergerus perkembangan zaman. Kurikulum Mandiri Terpadu menjadi salah satu contoh pengembangan kurikulum Pesantren. Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini ialah terkait bagaimana implementasi kurikulum mandiri terpadu yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Pendidikan Islam (PPPI) Miftahussalam Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah pengasuh, kepala mdrasah diniyah, tim penyusun kurikulum dan ustadz/ustadzah. Objek penelitian ini adalah implementasi kurikulum mandiri terpadu. Metode pengumpulan datanya yaitu obervasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis data model yang meliputi reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, diperoleh hasil bahwa dalam penerapan kurikulum mandiri terpadu diterapkan sejak tahun ajaran 2015/2016 oleh PPPI Miftahussalam Banyumas sudah cukup baik. Hal tersbut membawa dampak positif bagi para santri dimana santri tidak hanya memahami ilmu agama tetapi juga pengetahuan-pengetahuan umum yang ada di masyarakat. Walaupun memang masih terdapat beberapa hambatan dalam penerapannya yakni kekurang pahaman para ustadz dan ustadzah mengenai konsep dan penerapan kurikulum tersebut. Serta pemanfaatan sarana dan prasarana yang belum maksimal. Dengan seiring berjalannya waktu penerapan kurikulum mandiri terpadu dapat diterapkan dengan maksimal dengan berbagai upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Mandiri Terpadu
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:13
Last Modified: 20 Sep 2018 03:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item View Item