PROBLEMATIKA PEMBENTUKAN KEMAHIRAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 1 KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

FATIHATUS SHOIMAH, 1123302048 (2018) PROBLEMATIKA PEMBENTUKAN KEMAHIRAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs MA’ARIF NU 1 KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (816kB) | Preview
[img] Text
FATIHATUS SHOIMAH_PROBLEMATIKA PEMBENTUKAN KEMAHIRAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Arab telah lama berkembang di Indonesia, akan tetapi tampaknya mempelajari bahasa Arab sampai sekarang tidak luput dari problrm. MTs Ma’arif NU 1 Kebasen Kabupaten Banyuams adalah salah satu pendidikan formal yang menjadikan bahasa arab sebagai salah satu mata pelajaran kepada siswanya, dengan demikian perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana problematika yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problem apa saja yang terjadi dan solusi yang bisa digunakan dalam memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Subjek penelitiannya adalah kepala madrasah, guru bahasa Arab, dan siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa arab di kelas VII A, VII B, VII C, VII D dan kelas VII E MTs Ma’arif NU 1 dapat disimpulkan dalam setiap penyampaian materi bahasa Arab sudah menggunakan salah satu dari empat keterampilan yaitu keterampilan membaca dengan tujuan agar siswanya dapat berkomunikasi dan memahami bacaan dalam bahasa Arab. Materi yang diberikan sudah sesuai dengan bahan ajar atau buku paket yang ditetapkan oleh Kantor Kementerian Agama Republik Indonesia, yaitu diambilkan dari buku “Al-Ahyar BAHASA ARAB Pendekatan Saintifik Kurikulim 2013 untuk MTs Semester Ganjil Kelas VII” yang disusun oleh CV Gravika Dua Tujuh. Metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab ialah menggunakan metode membaca yaitu siswa dituntut untuk bisa membaca bahasa arab dengan baik dan benar. Namun dalam pembelajaran bahasa Arab problem yang dialami siswa dalam membaca di sisni terbagi menjadi dua yaitu problem kemahiran membaca dari segi linguistik yang mencakup sistem bunyi, ketika membaca siswa tidak bisa sekaligus memahami setiap kata bacaan, dan siswa belum paham dalam membedakan bunyi huruf hijaiyah. Problem yang dialami siswa dari segi non linguistik diantaranya dari lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah, dan minat motivasi belajar siswa itu sendiri. Untuk mengatasi problem siswa dalam membaca guru memberikan jam tambahan di luar jam pelajaran untuk bisa belajar membaca dan memotivasi siswa tersebut. Kata kunci : Problematika Kemahiran Membaca, Pembelajaran Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika Kemahiran Membaca, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 20 Sep 2018 00:30
Last Modified: 20 Sep 2018 00:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4332

Actions (login required)

View Item View Item