PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROGRAM BOARDING SCHOOL DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO Lalitha Chabibatul Waro NIM: 1423301058

Lalitha Chabibatul Waro, 1423301058 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROGRAM BOARDING SCHOOL DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO Lalitha Chabibatul Waro NIM: 1423301058. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LALITHA CHABIBATUL WARO_PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROGRAM BOARDING SCHOOL DI SMP BO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Program boarding school adalah dimana para siswa tidak hanya belajar, tetapi mereka bertempat tinggal dan hidup menyatu dilembaga tersebut. Boarding school memiliki pengaruh yang positif bagi siswa. Siswa dibiasakan untuk mengerjakan segala hal dengan tepat waktu. Semua aktivitas yang siswa lakukan dari mulai kapan mereka harus belajar, beribadah, bermain, maupun istirahat semuanya sudah terjadwal dengan jelas. Selain itu dengan adanya program boarding school ini dapat menumbuhkan sikap kemandirian pada siswa, sikap toleransi terhadap sesama, dan memiliki akhlak yang mulia karena selalu dibiasakan beribadah tepat waktu dan selalu mendapat bimbingan dari guru pendidikan agama Islam yang sekaligus menjadi pengasuh asrama. Diharapkan dengan adanya peran guru pendidikan agama Islam dan ditambah dengan program boarding school ini dapat mengurangi permasalahan yang ada. Program ini sejalan dengan SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto yang menyelenggarakan program boarding school. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisi peran guru pendidikan agama Islam dalam program boarding school di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskritif. Data diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu ada model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap, antara lain reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan objeknya adalah Peran guru Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Boarding School di SMP Putra Harapan ada Sembilan yaitu guru berperan sebagai fasilitator, pembimbing, informator, pengelola kelas, organisator, mediator, motivator, inspirator, dan evaluator. Dari kesembilan peran guru PAI dalam program boarding school digolongkan menjadi 4 golongan peran dalam bidang akademik, akhlak, ibadah dan sosial. Kata Kunci Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Boarding Scho

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Boarding Scho
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:02
Last Modified: 19 Sep 2018 01:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4320

Actions (login required)

View Item View Item