PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ ‘AMMA DI TPQ ATH-THOHIRIYYAH PARAKANONJE KARANGSALAM KIDUL KEDUNGBANTENG BANYUMAS Fiqqoh Usriyana 1423301091

Fiqqoh Usriyana, 1423301091 (2018) PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ ‘AMMA DI TPQ ATH-THOHIRIYYAH PARAKANONJE KARANGSALAM KIDUL KEDUNGBANTENG BANYUMAS Fiqqoh Usriyana 1423301091. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
FIQQOH USRIYANA_PEMBELAJARAN TAHFIDZ JUZ ‘AMMA DI TPQ ATH-TH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan pada usia anak merupakan suatu upaya pembinaan. Dimana pada usia tersebut anak sedang mengalami pertumbuhan dan perkembangan di beberapa aspek. Semua aspek tersebut tidak dapat dipisahkan dari adanya pembinaan agama. Salah satu pendidikan agama itu adalah al-Qur’an karena al-Qur’an merupakan fondasi dalam Islam, sehingga anak tetap tumbuh diatas fitrahnya. Namun dizaman modern seperti ini anak-anak yang mempelajari al-Qur’an masih sedikit apalagi menghafal al-Qur’an. Untuk menarik minat mereka perlu adanya metode pembelajaran yang memudahkan dan sistematis. TPQ Ath-Thohiriyyah adalah salah satu TPQ yang mampu menghasilkan prestasi yang cukup memuaskan khususnya dalam menghafal Juz ‘Amma. Ustadzah menggunakan metode yang bervariasi, dan ada beberapa metode yang digunakan dalam mengajar santrinya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tahfidz Juz ‘Amma. Tujuan dari penelitian adalah Untuk mengtahui proses perencanaan, pelaksanaan, metode dan evaluasi pembelajaran Tahfidz Juz ‘Amma di TPQ Ath-Thohiriyyah. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, yaitu penelitian untuk mengumpulkan informasi mengenai keadaan yang ada pada saat penelitian dilakukan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi serta sumber data penelitian ini adalah Pengasuh Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah, ustadzah TPQ Ath-Thohiriyyah dan santri TPQ Ath-Thohiriyyah, sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan selama dilapangan model Miles and Humberman, yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti menunjukkan bahwa langkah-langkah TPQ Ath-Thohiriyyah dalam pelaksanaanya meliputi kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan ujian tahunan. Untuk metode menggunakan metode sorogan, metode menghafal ayat per ayat, metode talaqqi, metode tasmi’, metode pengulangan, adapun bentuk evaluasi yaitu sistem setoran hafalan harian, setoran hafalan mingguan, setoran hafalan akhir kelulusan. Kata Kunci : Pembelajaran Tahfidz Juz ‘Amma.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tahfidz Juz ‘Amma.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 19 Sep 2018 00:57
Last Modified: 19 Sep 2018 00:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4319

Actions (login required)

View Item View Item