Implementasi Metode Bercerita dalam Pembelajaran Al-Quran (Studi Kasus pada Kegiatan Fun Day TPQ Darul-Abror Watumas Purwokerto Utara)

Dewi Purwant, 1423301217 (2018) Implementasi Metode Bercerita dalam Pembelajaran Al-Quran (Studi Kasus pada Kegiatan Fun Day TPQ Darul-Abror Watumas Purwokerto Utara). Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
DEWI PURWANTI_IMPLEMENTASI METODE BERCERITA DALAM PEMBELAJAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Implementasi metode bercerita dalam pembelajaran al-Quran di TPQ Darul-Abror merupakan salah satu bentuk usaha dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang ada di Indonesia. Metode cerita atau lebih dikenal dengan istilah mendongeng ini dilaksanakan setiap hari Selasasatu kalidalamsatubulan. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode bercerita menurut Abdul Aziz Abdul Majid harus memperhatikan: tempat bercerita, posisi duduk, bahasa cerita, intonasi guru, pemunculan tokoh-tokoh, penampakan emosi, peniruan suara, penguasaan siswa yang tidak serius, serta menghindari ucapan spontan. Tujuan penulisan penelitian dengan judul Implementasi Metode Bercerita dalam Pembelajaran Al-Quran (Studi Kasus pada Kegiatan Fun Day TPQ Darul-Abror) adalah untuk mendeskripsikan secara langsung bagaimana pelaksanakan metode bercerita yang dilaksanakan di TPQ Darul-Abror dengan menunjukkan sumber-sumber yang relatif lengkap. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan model studi kasus dimana penelitian ini terbatas pada sebuah kasus dengan kurun waktu tertentu. Metode pengambilan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Subyek penelitian ini adalah Pengurus TPQ, Ustaz dan Ustazah, Santri. Metode analisis data yang digunakan penulis adalah bentuk deskriptif analisis dengan cara berfikir induktif yaitu berangkat dari fakta-fakta khusus kemudian di generalisasi yang bersifat umum berupa reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dalam penerapan metode cerita telah memperhatikan beberapa prinsip pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan berisi tentang bagaimana pengurus dan ustaz/ustazah merencanakan kegiatan pembelajaran dengan metode bercerita, Pelaksanaan berisi tentang bagaimana ustaz/ustazah mengimplentasikan rencana kegiatan pembelajaran dengan metode cerita pada materi tertentu, Evaluasi berisi tentang bagaimana proses penilaian terhadap pelaksanaan metode bercerita, ada dua kegiatan evaluasi yang dilaksanakan oleh ustaz/ustazah yakni evaluasi proses dan evaluasi hasil. Kata Kunci : Implementasi, Metode Cerita, Pembelajaran Al-Quran, TPQ

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Cerita, Pembelajaran Al-Quran, TPQ
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 18 Sep 2018 01:28
Last Modified: 18 Sep 2018 01:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4303

Actions (login required)

View Item View Item