IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO Amani Fahmi Khasanah NIM: 1423301035

Amani Fahmi Khasanah, 1423301035 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SDIT HARAPAN BUNDA PURWOKERTO Amani Fahmi Khasanah NIM: 1423301035. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AMANI FAHMI KHASANAH_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (653kB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memudahkan guru atau pengembang kurikulum dalam memperbaiki proses pembelajaran, yaitu dengan memecah proses menjadi langkah-langkah yang lebih terperinci dan memuat instruksi untuk peserta didik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif membangun konsep, hukum, atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan, atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan, dan mengkomunikasikan konsep, hukum, atau proses yang “ditemukan”. Dalam pelaksanaannya, guru harus berpedoman pada kaidah-kaidah, prinsip-prinsip, dan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Dengan menggunakan pendekatan saintifik terbukti bahwa hasil ulangan siswa SDIT Harapan Bunda Purwokerto semuamya diatas Kritria Kelulusan Minimum (KKM) untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang dalam mengumpulkan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitaian. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu Ustadzah Islakhul Ummah, S.Pd dan Ustadzah Shanti Nurhayati, S. Pd. Objek yang dikaji adalah implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang ada di SDIT Harapan Bunda Purwokerto dan diterapkan oleh Ustadzah Islakhul Ummah, S.Pd dan Ustadzah Shanti Nurhayati, S. Pd. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model miles Huberman dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketika menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Ustadzah Islakhul Ummah, S.Pd dan Ustadzah Shanti Nurhayati, S. Pd sudah mengacu atau berpedoman terlebih dahulu pada teori yang ada. Adapun langkah-langkah yang diterapkam oleh beliau yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Kata Kunci: Implementasi Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan Saintifik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 17 Sep 2018 00:52
Last Modified: 17 Sep 2018 00:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/4289

Actions (login required)

View Item View Item